Intel LAM Akan Mencoba Lagi Untuk Linux 6.4

  • Post author:
  • Post category:Linux

Fungsionalitas Linear Address Masking (LAM) Intel untuk memanfaatkan bit alamat yang tidak diterjemahkan dari alamat linier 64-bit untuk metadata sewenang-wenang bertujuan untuk menjadi arus utama dengan siklus Linux 6.4 yang akan datang.
Intel LAM mirip dengan Arm`s Top Byte Ignore (TBI) dan UAI AMD Zen 4 untuk Upper Address Ignore. Tujuannya adalah bahwa dengan memanfaatkan bit alamat yang tidak diterjemahkan untuk metadata arbitrer, ini dapat digunakan untuk strategi pengoptimalan oleh kompiler Just-In-Time (JIT), mekanisme santizer alamat (ASAN) yang lebih efisien, VM, dan tujuan inovatif lainnya.
Kembali ke tahun 2020 Intel telah mengerjakan dukungan LAM Linux dan melalui banyak putaran revisi untuk tambalan kernel serta memunculkan dukungan rantai alat terkait. Intel LAM diajukan untuk Linux 6.2 tetapi kemudian Linus Torvalds akhirnya menolak kode tersebut karena khawatir beberapa aspek “rusak secara fundamental” dan menimbulkan masalah teknis terkait.
Torvalds juga tidak menyukai singkatan “LAM”, tetapi tampaknya sudah terlambat bagi Intel untuk mengubahnya secara realistis. Menyusul penolakan dari jendela penggabungan kernel Linux 6.2, para insinyur Intel memperbarui tambalan kernel dan setelah total enam belas revisi selama seri tambalan, sepertinya sekarang siap lagi untuk mencoba jalur utama.

Patch LAM telah diambil oleh cabang x86/mm TIP. Mencegah munculnya masalah baru, dukungan LAM ini akan dikirim kemudian untuk jendela penggabungan Linux 6.4 sebagai bagian dari pembaruan manajemen memori x86. Kecuali Linus Torvalds menemukan alasan baru untuk menolak, fitur perangkat keras Intel ini akhirnya dihapus dari daftar pada v6.4 musim panas ini.

Itulah berita seputar Intel LAM Akan Mencoba Lagi Untuk Linux 6.4, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.