Libinput 1.23 Menghadirkan Profil Akselerasi Pointer “Kustom” Baru, Dukungan Razer yang Lebih Baik

  • Post author:
  • Post category:Linux

José Expósito mengumumkan perilisan libinput 1.23 akhir pekan ini, pustaka penanganan input yang digunakan akhir-akhir ini di seluruh desktop Linux untuk lingkungan berbasis X.Org/X11 dan Wayland. Dengan libinput 1.23 hadir beberapa fitur baru yang penting.
Pertama, libinput 1.23 menghadirkan profil akselerasi pointer “kustom” baru. Profil khusus ini memungkinkan pengguna untuk men-tweak profil ke konfigurasi yang diinginkan berdasarkan preferensi kecepatan masukan. Sudah di dalam driver xf86-input-libinput X.Org ada dukungan untuk profil baru ini sementara di sisi Wayland, sekarang tergantung pada penyusun untuk mengekspos fungsionalitas baru kepada pengguna mereka.

Libinput 1.23 juga menghadirkan quirks baru untuk perangkat keras seperti Logitech MX Master 3B, quirks keyboard Apple M2, model Dell 2-in-1 untuk tombol volume samping, touchpad Positivo-Vaio, Dell Mayabay (Pressure Pad), Google Chromebook Atlax (Pixelbook Go), dan sejumlah keyboard internal Razer. Keunikan keyboard internal adalah untuk berbagai laptop Razer Blade untuk mengatasi touchpad yang sebelumnya gagal dinonaktifkan saat mengetik.
Daftar lengkap tambalan yang menyusun rilis libinput 1.23 dapat ditemukan di milis.

Itulah berita seputar Libinput 1.23 Menghadirkan Profil Akselerasi Pointer “Kustom” Baru, Dukungan Razer yang Lebih Baik, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.