Qt Creator 10 Open-Source IDE Dirilis dengan Dukungan LLVM 16, Peningkatan CMake

  • Post author:
  • Post category:Linux


Perusahaan Qt hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Qt Creator 10 sebagai versi stabil terbaru dari IDE (Lingkungan Pengembangan Terintegrasi) sumber terbuka, lintas platform, dan gratis ini bagi mereka yang ingin membangun aplikasi berbasis Qt.

Qt Creator 10 datang lebih dari empat bulan setelah Qt Creator 9 dan memperkenalkan fitur-fitur baru seperti kemampuan untuk menyeret sementara detail kemajuan dari area yang terlihat dan dukungan untuk opsi “Buka sebagai Popup Tengah” untuk mengingat istilah pencarian terakhir yang diketik di bidang input .

Rilis ini juga menambahkan dukungan untuk infrastruktur kompiler LLVM 16 terbaru untuk lebih meningkatkan dukungan C++ 20 di Clang, serta interaksi antara Qt Creator dan Clangd. Juga untuk dukungan C++, Qt Creator 10 mengaktifkan plugin ClangFormat secara default untuk indentation.

Selanjutnya, Qt Creator sekarang secara otomatis mengadaptasi penyertaan dan referensi saat mengganti nama file .ui atau formulir yang ditentukan dalam file .ui untuk proyek C++, menambahkan ” Tindakan Temukan Fungsi yang Tidak Digunakan” di bawah Alat > C++ untuk membantu Anda menemukan kode mati di proyek C++ Anda, dan menambahkan tampilan Hierarki Panggilan untuk semua server bahasa. Dukungan

CMake juga ditingkatkan di Qt Creator 10 dengan dukungan untuk menyertakan, strategi eksternal untuk arsitektur dan toolset, dan variabel pathListSep, opsi baru di bawah CMake > Formatter untuk menggunakan cmake-format untuk memformat file terkait CMake, dan langkah penerapan baru yang dapat Anda tambahkan ke konfigurasi proyek Anda di bawah Proyek > Jalankan Pengaturan > Tambahkan Langkah Penerapan .

Selain itu, rilis ini menambahkan dukungan untuk menangani model kode dari jarak jauh melalui Clangd jarak jauh saat membangun di perangkat Docker, memperbarui plugin ClangFormat agar juga berfungsi pada file jarak jauh dalam wadah Docker, dan memungkinkan untuk menelusuri file secara langsung sistem pada target jarak jauh.

Lihat log perubahan lengkap untuk perincian lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan di Qt Creator 10, yang tersedia untuk diunduh sekarang dari situs web resmi sebagai penginstal biner universal untuk hampir semua distribusi GNU/Linux. Tarball sumber juga tersedia untuk diunduh dari location.
yang sama

Sumber: Google, 9to5linux.com