SystemRescue 10 Berbasis Arch Linux Dirilis dengan Linux Kernel 6.1 LTS

  • Post author:
  • Post category:Linux


Arch Linux berbasis SystemRescue 10 live Linux toolkit untuk tugas penyelamatan dan pemulihan sistem telah dirilis hari ini dengan opsi baru, paket baru, dan komponen yang diperbarui untuk dukungan perangkat keras terbaik.

SystemRescue 10 hadir tiga bulan setelah rilis sebelumnya, SystemRescue 9.06, yang terakhir dalam seri 9.x. Seri baru ini hadir dengan kernel jangka panjang yang didukung, yaitu Linux 6.1 LTS, yang mendukung perangkat dan fitur baru.

Beberapa paket baru telah ditambahkan dalam rilis ini, termasuk QtPass, frontend grafis untuk pass yang menawarkan pengelola kata sandi sederhana yang mendukung GnuPG enkripsi, sinkronisasi data beralamat konten casync, stressapptest dan stress-ng untuk stress testing sistem komputer, serta toolkit GUI Tk.

SystemRescue 10 juga menambahkan beberapa fitur baru, seperti dukungan grub loopback.cfg, kait penyesuaian boot untuk bootloader GRUB dan Syslinux, dan konfigurasi YAML “gui_autostart” agar Anda dapat menjalankan program saat X dimulai.

Di antara perubahan lainnya, rilis ini mengembalikan driver xf86-video-qxl dan menghapus beberapa fitur autorun yang tidak digunakan lagi, seperti autoruns= , skrip dengan rn, dan jalur lama.

SystemRescue 10 tersedia untuk diunduh sekarang dari situs web resmi untuk sistem 64-bit atau 32-bit atau Anda dapat mengklik langsung d unduh tautan di bawah untuk mengambil versi 64-bit. SystemRescue dapat digunakan langsung dari baris perintah atau melalui antarmuka grafis default-nya yang menggunakan lingkungan desktop Xfce 4.18.

SystemRescue tidak memerlukan instalasi, jadi Anda cukup menulis image ISO ke USB flash drive menggunakan SystemRescue bawaan Utilitas USB Writer, yang merupakan metode penginstalan USB yang direkomendasikan pada sistem Linux, atau alat serupa.
Unduh SystemRescue 10

Sumber: Google, 9to5linux.com