Cara Otomatis Merekam Semua Rapat Google Meet

Rekaman rapat
Video dapat menjadi penting untuk bisnis. Rekaman video rapat sangat membantu dalam banyak hal: Anda dapat meninjau apa yang terjadi dan menindaklanjuti ide, menggunakan rekaman sebagai materi pelatihan untuk karyawan baru, menggunakannya sebagai referensi, atau menunjukkannya kepada seseorang yang tidak dapat menghadiri rapat .

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa yang diperlukan untuk merekam rapat di Google Meet, siapa yang dapat merekamnya, dan cara melakukannya secara otomatis.
Mengaktifkan dan Menonaktifkan Rekaman

Pertama, untuk merekam sesuatu di Google Meet, Anda harus terdaftar pengguna salah satu paket Google Workplace, yang tidak gratis. Ada edisi Workplace tertentu yang memungkinkan perekaman: Essentials, Business Standard, Business Plus, Edisi Enterprise (Starter, Essentials, Plus, Standard), Education Plus, Teaching and Learning Upgrade, dan Workspace Individual Subscriber.

Administrator Google Workspace organisasi diizinkan untuk merekam rapat di Google Meet. Sebagai administrator, mereka dapat mengizinkan peserta merekam rapat, lalu membagikannya dengan orang lain, misalnya, seseorang yang tidak dapat menghadirinya. Pengajar dapat merekam kelas saat menggunakan akun Google Workspace mereka, sebagai penyelenggara, mereka juga dapat mengizinkan siswa merekam kelas. Di sisi lain, administrator juga dapat menonaktifkan perekaman untuk peserta lain.

Hal terpenting yang harus diketahui adalah perekaman tidak otomatis, artinya seseorang harus mulai merekam untuk setiap rapat terpisah.

Dua langkah harus diselesaikan sebelum Anda dapat menyesuaikan pengaturan untuk perekaman. Pertama, Anda perlu memeriksa apakah opsi untuk merekam tersedia, yang berarti Anda harus memiliki edisi Workspace yang mendukung perekaman. Langkah lainnya adalah memastikan Drive dan Dokumen diaktifkan, yaitu mengizinkan pengguna mengakses rekaman di Google Drive.

Langkah ketiga adalah mengaktifkan fungsi perekaman di Google Meet. Begini cara melakukannya:
Masuk ke konsol Google Admin dengan akun administratif Anda.Temukan opsi “Aplikasi”.Buka “Google Workspace”.Kemudian buka “Google Meet”.Ketuk “Pengaturan video pertemuan”, untuk terapkan pengaturan untuk semua orang.Klik “Perekaman”.Jika Anda ingin orang lain merekam juga, centang kotak “Biarkan orang merekam rapat mereka”.Klik opsi “Simpan”.
Sekarang, selain administrator, orang lain juga dapat merekam rapat. Perhatikan bahwa administrator harus mengizinkan perekaman untuk akun lain, yaitu mengaktifkannya. Akun yang juga dapat merekam dalam kondisi ini adalah penyelenggara rapat, rekan penyelenggara dari organisasi yang berbeda dari penyelenggara, penyelenggara organisasi tetapi hanya jika opsi “Pengelolaan penyelenggara” dinonaktifkan, dan pengajar atau rekan pengajar di Google Classroom.
Cara Merekam di Google Meet

Anda dapat merekam rapat Google Meet menggunakan aplikasi seluler dan web. Berikut cara merekam rapat di aplikasi web:
Buka aplikasi web.Ketuk pada tiga titik.Klik “Mulai merekam”.
Di aplikasi seluler, lakukan ini:
Buka aplikasi seluler.Klik menu yang terletak di pojok kanan bawah layar. Pilih opsi “Mulai merekam.”
Lingkaran oranye akan muncul di sebelah nama pengguna Anda, memberi tahu peserta rapat bahwa mereka sedang direkam oleh Anda. Jika Anda tiba-tiba harus keluar di tengah rapat, perekaman akan dilanjutkan hingga rapat selesai dan semua peserta lainnya telah keluar.
Cara Rekam Secara Otomatis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perekaman tidak dapat dilakukan secara otomatis karena administrator atau orang lain perlu melakukannya tekan tombol itu dan mulai merekam, untuk setiap pertemuan. Jadi, jika Anda tidak memiliki keanggotaan Google Workspace, software pihak ketiga dapat membantu Anda merekam rapat Google Meet.
Menggunakan Meet Pro

Anda dapat merekam secara otomatis saat menggunakan Google Meet, tetapi Anda juga memerlukan Meet Pro dan fitur-fiturnya. Meet Pro memerlukan Google Workspace, dan memiliki fitur rekam otomatis.

Fitur ini dapat disiapkan untuk mulai merekam sejak pengguna bergabung dengan Google Meet. Selain itu, jika Anda tidak ingin segera mulai merekam rapat secara otomatis, Anda dapat mengaturnya untuk meminta Anda mengaktifkan perekaman secara manual. Fitur ini tidak gratis, tetapi sangat berguna jika Anda selalu lupa untuk mulai merekam.
Gunakan Notta AI

Cara lain untuk merekam rapat Anda di Google Meet adalah dengan menggunakan Notta yang gratis. Notta adalah layanan transkripsi suara-ke-teks berbasis AI yang dapat mendukung 104 bahasa. Saat disinkronkan dengan perangkat lain, itu dapat memiliki akses ke rekaman yang juga dapat ditranskripsi. AI ini juga dapat membantu Anda merekam semua rapat Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menautkan Google Kalender dan Notta. Bot aplikasi kemudian dapat mulai merekam rapat Google Meet Anda secara otomatis. Beginilah cara Anda menautkan kalender Anda ke AI:
Masuk ke akun Anda di alat Notta.Klik opsi “Panggilan Video Mendatang” di bilah sisi layar Anda.Klik “Hubungkan Google Kalender Anda”.Izinkan akses ke Notta .Centang kotak untuk akses dan lanjutkan “Lanjutkan.”
Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, Notta dapat menyinkronkan dengan Kalender Anda dan mencatat semua panggilan video terjadwal yang ada di sana. Anda dapat memilih mana yang ingin Notta rekam secara otomatis. Rapat Google Meet Anda selalu dapat ditemukan di dasbor Notta, di bawah opsi “Panggilan Video Mendatang”.

Anda dapat mulai merekam saat mengetuk opsi “Mulai merekam”. Bot Notta akan bergabung dengan rapat Google Meet dan memulai transkrip dan perekaman waktu nyata segera setelah dimulai.
Vmaker untuk Rekaman Layar Video

Meskipun Notta AI adalah pilihan yang sangat baik untuk rekaman audio berkualitas tinggi, Vmaker dapat menjadi perangkat lunak pilihan Anda untuk rekaman layar video. Kualitas HD yang luar biasa dan kemampuan untuk merekam rapat tanpa batas adalah alasan utama mengapa Anda harus menggunakan Vmaker untuk merekam sesi Google Meet Anda. Inilah cara Anda merekam dengan Vmaker:
Unduh aplikasi Windows Vmaker.Pilih opsi “Mode layar” untuk merekam layar.Pilih mikrofon mana yang ingin Anda gunakan.Ketuk “Preferensi” yang terletak di bawah opsi.Pilih kualitas rekaman.Klik “Mulai merekam.”
Setelah rekaman selesai, Anda dapat menemukannya di akun cloud Vmaker dan mengeditnya sesuai preferensi Anda.
Merekam Rapat Anda Bermanfaat

Jika Anda tidak memiliki akun Google Workspace, izin, atau hak istimewa administrator untuk merekam rapat di Google Meet, ada cara untuk tetap merekam panggilan video atau audio Anda, dan menyimpan rekaman untuk nanti. Ini adalah hal yang sangat berguna untuk dilakukan jika Anda perlu meninjau rekaman atau membagikannya dengan seseorang yang tidak dapat menghadiri rapat tersebut.

Mengapa Anda merekam rapat Google Meet? Sudahkah Anda mencoba salah satu perangkat lunak yang disebutkan dalam artikel? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Scroll to Top