Mungkin Ini Saatnya Membuang Kata Sandi

Passwords telah menjadi bagian besar dari kehidupan digital kita selama beberapa dekade, jadi menggabungkan semuanya mungkin kontroversial. Namun, ada banyak metode masuk yang aman, nyaman, di luar sana yang membuat kata sandi menjadi usang. Pada awalnya, gagasan membuang kata sandi tampak seperti ketidaknyamanan dan ancaman bagi keamanan online Anda. Namun, jika Anda melangkah mundur dan melihat bagaimana Anda benar-benar masuk akhir-akhir ini, itu mulai masuk akal.

Orang cenderung menolak perubahan, dan saya tidak berbeda. Saya benci fakta bahwa Apple mengambil jack headphone dari kami, Windows mengotak-atik menu start klasik membuat saya marah, dan fakta bahwa sikat gigi saya memiliki aplikasi membuat saya bertanya-tanya apakah perusahaan hanya mengolok-olok kami saat ini. Namun terkadang, kemarahan itu salah tempat.

Kami tidak benar-benar menggunakan menu mulai lagi karena aplikasi kami yang paling umum disematkan ke bilah tugas, dan fungsi pencarian adalah metode yang lebih cepat untuk mengakses yang lainnya. Demikian pula, kata sandi merupakan penghalang sekaligus risiko keamanan — terutama jika Anda membandingkannya dengan metode login lainnya. Beberapa perusahaan besar berencana menghapus fitur keamanan lama, dan saya sangat yakin mereka melakukan hal yang benar.

Anda Masuk Ke Semuanya Dengan Google/Facebook/Apple/Microsoft Pokoknya

Jika Anda pernah menggunakan online layanan dalam beberapa tahun terakhir, Anda akan melihat tombol pada formulir masuk dan pendaftaran yang menawarkan Anda kesempatan untuk hanya menggunakan akun yang Anda miliki dengan perusahaan teknologi besar. Google sejauh ini merupakan opsi yang paling umum, tetapi Facebook, Apple, dan Microsoft juga muncul di berbagai situs.

Ini nyaman karena sejumlah alasan. Pertama, Anda tidak perlu mengisi informasi dasar setiap kali mendaftar ke layanan baru. Selama katakanlah, setahun, ini akan menghemat banyak waktu. Selain itu, login menjadi lebih cepat dan nyaman karena Anda tidak perlu mengingat dan menulis kata sandi.

Ada juga beberapa masalah kecil terkait privasi, yang akan kita bahas lebih lanjut nanti. Kekhawatiran ini tidak berhubungan dengan Apple, jadi jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari sistem masuk ini tanpa kerugian, akun Apple adalah cara yang tepat. argumen itu lebih aman dalam keadaan tertentu, atau setidaknya seaman akun Google Anda. Jika komputer Anda terinfeksi semacam keylogger, itu akan dapat melacak apa pun yang Anda ketik dan menyampaikannya kepada siapa pun yang bertanggung jawab atas perangkat lunak berbahaya tersebut. Menyampaikan klik tetikus, bahkan pada kotak tertentu, tidak memberikan tingkat akses yang sama.

Sering kali, peretas bahkan tidak membutuhkannya. Perusahaan menderita pelanggaran data sepanjang waktu, jadi kemungkinan setidaknya salah satu kata sandi Anda ada di suatu tempat di internet dan terkait dengan alamat email Anda. Daftar perusahaan yang rentan termasuk pengelola kata sandi populer seperti LastPass, jadi Anda bahkan tidak aman menggunakan salah satu dari mereka untuk menghasilkan banyak kata sandi yang kuat.

Meskipun tidak ada yang benar-benar aman, Anda harus menggunakan fitur keamanan seperti autentikasi dua faktor (2FA) bahkan jika Anda berencana untuk mempertahankan kata sandi Anda. Beberapa metode 2FA nyaman dan hampir tidak dapat dipecahkan, jadi mengapa itu bukan fitur keamanan utama akun?

Anda Dapat Masuk Ke Semuanya Dengan Ponsel Anda

Jika Anda menggunakan salah satu metode 2FA yang lebih kuat, kemungkinan ponsel cerdas Anda akan terlibat. Ini adalah tempat yang nyaman untuk menghosting aplikasi seperti Google Authenticator, dan jika sangat tertaut ke akun Google Anda, Anda mungkin menerima munculan yang meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah masuk. Munculan tersebut telah menggantikan kata sandi Google saya. Meskipun pada awalnya Anda perlu menyetel kata sandi di akun Google Anda, dan dapat menggunakannya untuk masuk sejak saat itu, saya sebenarnya sudah lama melupakan kata sandi saya. Alasan belum disetel ulang adalah kenyataan bahwa menyetel ulang sembulan melibatkan pembuktian identitas saya dengan ponsel cerdas saya. Pada saat itu saya tetap masuk ke akun, jadi saya tidak repot-repot mengatur ulang kata sandi dan melanjutkan hari saya sebagai gantinya.

Jadi mengapa saya tidak repot dengan pengaturan ulang? Saya tidak dapat mengakses akun hanya dengan kata sandi, jadi masuk akan menjadi proses yang sama meskipun saya mengetahuinya. Jika saya kehilangan ponsel dan entah bagaimana “terkunci”, ada cara lain untuk memulihkan akun. Jadi untuk sebagian besar, kata sandi itu benar-benar mubazir dan Google mungkin juga menghapusnya.

Google bukan satu-satunya perusahaan yang saat ini menawarkan info masuk tanpa kata sandi. Microsoft dan 1Password adalah di antara banyak perusahaan yang memungkinkan Anda menjalani hidup tanpa perlu mengetikkan rangkaian angka dan huruf yang panjang ke dalam kotak. Jadi, meskipun tidak semua perusahaan memiliki kata sandi, dan kata sandi masih menjadi pilihan di antara beberapa yang memilikinya, Anda memiliki banyak opsi masuk alternatif.

Ada kalanya “kata sandi” terbukti berguna, tetapi ini jarang terjadi acara dan bukan sesuatu yang Anda gunakan untuk masuk beberapa kali sehari. Kunci pemulihan pada dasarnya adalah kata sandi yang besar, dan ada argumen yang kuat untuk itu.

Sebagai permulaan, kunci itu panjang dan sangat sulit dipecahkan. Mereka juga disimpan offline, jika Anda menggunakannya dengan bijaksana. Kunci dapat ditulis di atas kertas dan disimpan di meja yang terkunci, brankas, atau disembunyikan di lubang cubby acak di suatu tempat di properti Anda. Atau, Anda bisa menyalinnya ke flash drive. Memiliki banyak salinan kunci, baik digital maupun fisik, agak masuk akal — pastikan saja tidak ada salinan tersebut yang ada di perangkat yang biasa Anda gunakan dan terhubung ke internet. Anda Mungkin Juga Khawatir Tentang Memberi Lebih Banyak Kekuatan pada Teknologi Besar

Mengandalkan bebas kata sandi tentang mempercayai teknologi besar. Akun dengan Apple, Google, Facebook, atau Microsoft sangat penting, karena itulah yang akan sering Anda “masuki”. Sebagian besar dari kita memiliki setidaknya satu dari akun ini, dan ada kemungkinan besar perusahaan tahu banyak tentang kita. Menggunakannya untuk menghapus kata sandi dari hidup Anda akan memberi tahu perusahaan itu lebih banyak lagi.

Ada sedikit pertukaran data saat masuk dengan sesuatu seperti Google. Situs tempat Anda masuk setidaknya akan memiliki akses ke alamat email Anda, meskipun hal-hal seperti alamat fisik dan nomor telepon Anda juga dapat terungkap. Situs tersebut mungkin juga memiliki akses ke daftar kontak Anda. Semua ini harus diletakkan pada semacam layar peringatan sebelum Anda melanjutkan dan masuk.

Seperti apa yang didapat Google dari kesepakatan itu, masuk seperti ini membuat Anda jauh lebih mudah dilacak. Perusahaan memiliki gagasan yang lebih baik tentang situs web apa yang Anda kunjungi, berapa lama Anda habiskan untuk itu, dan pembelian apa yang telah dilakukan di situs tersebut. Ini masuk ke tumpukan data yang sudah sangat besar yang mungkin sudah dimiliki perusahaan tentang Anda dan kebiasaan menjelajah Anda. Jumlah pelacakan bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, dengan Apple mengutamakan masalah privasi pelanggannya. Jika Anda benar-benar memiliki masalah privasi, membuat akun Apple dan menggunakannya sedapat mungkin saat ini merupakan cara terbaik untuk mengatasi berbagai hal. Namun, hal-hal mungkin menjadi lebih buruk. Jika Anda menggali persyaratan akun Google Anda, Anda akan melihat bahwa akun tersebut ada atas kebijaksanaan Google. Itu dapat direnggut kapan saja dengan alasan apa pun. Jika menurut Anda de-googling itu sulit karena Anda akan kehilangan alamat email dan perlu berganti ponsel, gambar kehilangan akses ke setiap akun yang Anda miliki di setiap situs yang Anda kunjungi. Satu perusahaan teknologi besar mungkin sudah menjadi inti dari kehidupan online Anda, dan itu memberi perusahaan itu banyak pengaruh, dan Google hampir tidak sendirian dalam masalah itu.

Meskipun ada ketidakpercayaan perusahaan besar yang berlokasi di Silicon Valley, dan pengetahuan bahwa kita semua dapat merasa tidak nyaman pada tingkat yang tidak terduga suatu hari nanti, bebas kata sandi masih merupakan jalan ke depan. Kenyamanan membuat “akun” dengan satu klik alih-alih mengisi formulir berulang menghemat banyak waktu — dan masuk dengan satu klik bahkan lebih menghemat. Tidak ada perselisihan dengan pengelola kata sandi, membuat kode unik, atau mengelola daftar panjang login.

Ada juga manfaat keamanan potensial, meskipun Anda harus memastikan akun apa pun yang membuat Anda masuk seaman mungkin. Menyiapkan 2FA yang aman (yang tidak melibatkan email atau pesan teks) adalah suatu keharusan, dan Anda harus memeriksa ulang opsi pemulihan Anda sehingga Anda tidak akan terkunci dari semuanya. Nbsp

Kemungkinan dorongan kontroversial Big Tech berikutnya mungkin terjadi fokus pada akhir kata sandi. Untuk sekali ini, saya pikir mereka melakukan hal yang benar.

Disadur dari HowToGeek.com.

Scroll to Top