blendOS 3 Menjanjikan Dukungan untuk 9 Distro Linux, Pembaruan Tanpa Repositori


Immutable distro blendOS 3 sudah dalam pengerjaan dan menjanjikan beberapa fitur baru yang menarik untuk para penggemar distro yang tidak dapat diubah, seperti dukungan untuk lebih banyak distro Linux dan pendekatan inovatif untuk pembaruan sistem tanpa menggunakan repositori paket.

Awal tahun ini, saya pertama kali melihat blendOS sebagai distro Linux abadi lainnya berdasarkan Arch Linux yang berjanji untuk menawarkan perpaduan sistem Arch Linux, Fedora Linux, dan Ubuntu sebagai wadah yang dibuat secara otomatis sesuai permintaan menggunakan Distrobox/Podman.

blendOS 2 tiba beberapa bulan kemudian dengan out-of dukungan -the-box untuk aplikasi Android menggunakan WayDroid dan dua rasa yang menampilkan lingkungan desktop GNOME dan KDE Plasma. Sekarang, pengembang, Rudra Saraswat, sedang mengerjakan blendOS 3, yang tampaknya akan menghadirkan lebih banyak barang untuk penggemar distro yang tidak dapat diubah. Salah satu perubahan terbesar dalam blendOS 3 adalah pendekatan baru untuk melakukan pembaruan sistem tanpa menggunakan repositori paket. Dimulai dengan blendOS 3 dan seterusnya, instalasi blendOS yang ada akan diperbarui menggunakan image ISO terbaru daripada mengunduh paket individual dari repositori untuk stabilitas yang lebih baik.
“Terobosan pembaruan OS ini adalah sesuatu yang belum pernah dicoba sebelumnya di sistem operasi mana pun atau Linux distro, sejauh yang saya ketahui. Pendekatan inovatif ini telah membawa stabilitas tingkat tinggi ke blendOS v3, sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar distribusi/OS berbasis Arch Linux, dan reproduktifitas, ”kata Rudra Saraswat.blendOS 3 beta menampilkan lingkungan desktop GNOME 44.1, selain itu, blendOS 3 hadir dengan alat baru yang disebut Akshara yang akan memungkinkan pengguna menginstal paket khusus ke overlay, yang akan disimpan dan dibuat ulang menggunakan basis sistem baru sehingga instalasi blendOS Anda tetap tidak tersentuh seperti yang diharapkan dari distro yang tidak berubah.

Selain itu, program transfer file zsync akan digunakan dalam blendOS untuk sangat mengurangi ukuran pembaruan dengan hanya mengunduh perubahan antara rilis sebelumnya dan saat ini.

blendOS 3 juga akan hadir dengan dukungan untuk distribusi yang lebih terkontainer, termasuk AlmaLinux OS, Rocky Linux, Kali Linux, Crystal Linux, dan Debian GNU/Linux. Dukungan untuk Fedora Linux dan Ubuntu diperbarui ke rilis terbaru, seperti Fedora Linux 38 dan Ubuntu 23.04.

Fitur lain yang menarik dalam rilis blendOS 3 mendatang adalah alat bernama Assemble, yang akan digunakan untuk membuat paket dan gambar, dan dapat juga dapat digunakan untuk membuat remix blendOS, serta untuk mendukung lebih banyak lingkungan desktop dan pengelola jendela.

blendOS 3 sekarang tersedia untuk pengujian beta publik jika Anda ingin menguji coba fitur dan peningkatan barunya. Anda dapat menemukan info lebih lanjut dan mengunduh citra ISO langsung GNOME dan KDE Plasma dari halaman pengumuman.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Scroll to Top