System76s Coreboot Open Firmware Berhasil Menonaktifkan Intel ME Untuk Raptor Lake

Vendor laptop/desktop Linux System76 telah membuat beberapa peningkatan pada penawaran firmware terbuka Coreboot mereka untuk menguntungkan perangkat Intel Core 13th Gen “Raptor Lake” terbaru serta perangkat generasi sebelumnya.
Pertama dan bisa dibilang paling menarik adalah mereka telah berhasil menonaktifkan Intel Management Engine (ME) untuk dinonaktifkan untuk laptop bertenaga Intel Raptor Lake baru mereka. Mereka menyelesaikan bug dengan Coreboot yang memungkinkan System76 untuk melanjutkan dan menonaktifkan kembali Intel ME pada perangkat yang relevan. Intel ME dinonaktifkan untuk laptop Raptor lake terbaru mereka dan sebagian besar platform lama dengan beberapa pengecualian seperti di mana memiliki masalah silikon dengan Tiger Lake.

System76 juga telah menambahkan opsi menu pengaturan firmware baru untuk mengaktifkan/menonaktifkan UEFI Secure Boot. Motivasi di sini dengan mempermudah toggle Secure Boot adalah untuk mengizinkan dukungan Windows 11 dengan SB aktif saat menjalankan System76 Open Firmware.
Beberapa perubahan firmware terbaru lainnya yang dilakukan oleh perusahaan Colorado ini termasuk meningkatkan batas daya baterai yang memungkinkan kinerja CPU lebih baik, NVIDIA Dynamic Boost untuk laptop dengan grafis seri NVIDIA RTX 40, dan peningkatan pembaruan keamanan firmware. Selain itu, mereka telah melakukan berbagai perbaikan dan juga memberikan dukungan Intel Maple Ridge Thunderbolt ke Coreboot.
Detail lebih lanjut tentang kemajuan firmware System76 yang menarik ini yang sangat menarik untuk laptop Intel Raptor Lake terbaru mereka dapat ditemukan melalui blog System76.

Itulah berita seputar System76s Coreboot Open Firmware Berhasil Menonaktifkan Intel ME Untuk Raptor Lake, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.

Scroll to Top