Mengapa Mobil Listrik Tidak Memiliki Ban Serep?

Jika Anda sedang berbelanja mobil listrik baru, Anda mungkin tidak menyadari bahwa kebanyakan mobil tersebut tidak dilengkapi dengan ban serep. Meskipun hal ini tidak hanya terjadi pada kendaraan listrik, dan Anda beruntung jika sebuah mobil dilengkapi dengan ban “donat” akhir-akhir ini, ini adalah tren kendaraan listrik yang sedang berkembang dan perlu diketahui oleh calon pembeli. kendaraan listrik populer yang ada saat ini bahkan tidak memiliki tempat untuk menyimpan ban jika ingin mendapatkan cadangannya nanti. Ini mencakup setiap model Tesla, Mustang Mach-E, Hyundai Ioniq 5, atau Volkswagen ID.4 EV yang asyik. Sebagai gantinya, Anda mungkin menemukan alat pemompa ban darurat di suatu tempat di penyimpanan belakang. Inilah alasannya, beserta daftar singkat beberapa mobil listrik yang dilengkapi ban serep.

Apakah Mobil Listrik Punya Ban Serep?

Banyak kendaraan listrik besar yang dilengkapi dengan ban serep, tetapi jika Anda membeli sesuatu yang lebih kecil seperti mobil, SUV crossover, atau hibrida, kemungkinan besar Anda tidak akan memilikinya. Dan meskipun ada beberapa alasan untuk hal ini, sah atau tidak, alasan utamanya adalah ruang. Dalam mobil listrik, pabrikan mengemas setiap inci ruang dengan baterai yang lebih besar, motor listrik, atau menghadirkan interior yang besar dan lapang. Hal ini terutama berlaku pada kendaraan listrik kompak. Selain itu, beberapa pembuat mobil merasa bahwa ban serep menambah bobot, yang akan berdampak pada jangkauan, sekaligus menghabiskan ruang untuk fitur yang tidak pernah digunakan banyak orang. Nbsp

Beberapa pabrikan bahkan mengklaim bahwa ban serep tidak cukup digunakan sehingga memerlukan penambahan ban serep. Jika beruntung, Anda tidak akan pernah terdampar di pinggir jalan atau tangan Anda harus kotor saat mengganti ban. Namun, saya tidak mempercayai alasan itu, karena laporan menunjukkan sebagian besar pengemudi akan mendapatkan sekitar empat ban kempes seumur hidup mereka. Alasan lainnya adalah kendaraan listrik memiliki ban yang berbeda dengan mobil bertenaga gas biasa. Ban EV dirancang untuk menahan beban ekstra dari paket baterai dan menawarkan hambatan gelinding yang lebih sedikit untuk meningkatkan jangkauan. Ban serep donat kecil pada umumnya mungkin tidak sesuai dengan tugasnya, dan akibatnya, sebagian besar tidak menyertakannya sama sekali.

Terakhir, kendaraan modern cukup pintar, dan jika tidak memiliki ban run-flat, mereka memiliki TPMS (sistem pemantauan tekanan ban) dan lampu yang akan muncul di dasbor—memberi Anda cukup informasi untuk menambah udara atau mencari bengkel. Selain itu, banyak kendaraan listrik yang memiliki banyak fitur keselamatan dan Wi-Fi internal, yang biasanya disertakan dengan paket berlangganan yang menawarkan bantuan pinggir jalan. Argumen yang dapat dikemukakan adalah bahwa ban serep tidak lagi diperlukan. Tentu saja, semua teknologi pintar di dunia tidak akan membantu Anda jika seember paku jatuh dari truk kerja di depan Anda di jalan raya, jadi kami tentu memahami jika Anda lebih suka memiliki cadangan yang siap digunakan.

Kendaraan Listrik Yang Memiliki Ban Serep di Tahun 2023
Tyler Hayes /

Syukurlah, banyak kendaraan listrik yang tersedia saat ini masih dilengkapi dengan ban serep atau ditawarkan sebagai tambahan dengan level trim yang berbeda. Misalnya, jika Anda membeli Ford F-150 Lightning EV, ban serepnya akan memiliki ukuran penuh. Anda juga akan mendapatkannya dengan Rivian R1T luar biasa yang kami ulas (dan R1S), SUV Hummer EV GM, Toyota RAV4 Prime, Jeep`s Wrangler atau Cherokee 4Xe, dan banyak lagi. Kendaraan yang lebih kecil seperti KIA Sorento EV dilengkapi dengan ban serep, begitu pula Audi e-Tron atau Hyundai Santa Fe Hybrid.

Perlu diingat bahwa beberapa model EV hanya dilengkapi dengan ban serep pada level trim tertentu. Jadi, jika mobil listrik yang Anda cari tidak memilikinya, tanyakan kepada penjual tentang paket tambahan tambahan. Misalnya, truk GMC Hummer EV yang berukuran besar tidak memiliki cadangan atau ruang khusus untuk truk tersebut, namun GM dengan senang hati akan menjual kepada Anda pembawa ban serep ganda yang dapat dipasang di bak truk.

Ini bukan satu-satunya kendaraan listrik dengan ban serep; kendaraan yang akan datang, seperti RAM 1500 REV baru, kemungkinan besar akan memilikinya. Kita harus menunggu dan melihat untuk saat ini, karena hal ini semakin jarang terjadi dari hari ke hari.

Cara Mencegah Ban Kempes pada Mobil Listrik Anda

Seperti yang mungkin Anda ketahui, ban kempes sesekali tidak bisa dihindari. Anda akan tertabrak paku, menabrak puing-puing jalan, atau menghadapi kejadian malang lainnya yang menguras udara ban Anda. Meskipun demikian, ada beberapa cara yang berpotensi mencegah terjadinya masalah seperti itu. Nbsp

Mobil listrik tidak bebas perawatan, begitu pula bannya. Pastikan Anda sering melakukan pengecekan untuk memastikan tekanan ban sudah benar. Periksa dan bersihkan ban Anda sesekali, dan berhati-hatilah untuk menghindari bahaya di jalan. Masalah yang umum terjadi adalah kendaraan listrik tidak memerlukan penggantian oli, dan hal ini biasanya terjadi ketika banyak pemilik mobil melakukan rotasi ban. Jadi, jangan lupa untuk merotasi ban Anda kira-kira setiap 7.000—8.000 mil.

Jika Anda khawatir mobil listrik Anda tidak memiliki ban serep, dapatkan perlengkapan perbaikan ban dan buang ke bagasi atau bagasi.

Scroll to Top