7 Cara Meningkatkan Notifikasi di Android

  • Post author:
  • Post category:Android

Notifikasi Android berada di atas notifikasi iPhone, tetapi tentu saja tidak sempurna. Anda dapat meningkatkannya dengan beberapa fitur bawaan Android. Kami akan menunjukkan kepada Anda pengaturan untuk menyesuaikan agar notifikasi Android menjadi lebih baik.

Melihat Riwayat Notifikasi Anda

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi tentang notifikasi adalah mengabaikannya secara tidak sengaja. Itu dari aplikasi apa? Apakah Anda melewatkan sesuatu yang penting? Bagaimana Anda bisa menemukannya lagi? Di situlah Riwayat Pemberitahuan masuk.

Riwayat Pemberitahuan adalah log dari semua pemberitahuan yang muncul di perangkat Anda dalam 24 jam terakhir. Ini tidak diaktifkan secara default karena alasan tertentu, jadi Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Sembunyikan Ikon Notifikasi Dari Bilah Status

Permata mahkota notifikasi Android adalah bilah status dan “bayangan pemberitahuan.” Anda dapat dengan mudah melihat notifikasi mana yang Anda miliki dan geser ke bawah untuk membacanya. Namun, Anda mungkin tidak ingin setiap aplikasi memasang ikon di sana.

Untuk aplikasi yang tidak begitu penting, Anda cukup menyembunyikan ikon notifikasi dari bilah status. Notifikasi masih ada saat Anda menggesek ke bawah, tetapi sekarang menjadi prioritas yang lebih rendah.

Hentikan Notifikasi Muncul

Secara default, sebagian besar notifikasi Android akan “muncul” di layar. Notifikasi ini dapat menghalangi, dan ini sangat mengganggu untuk aplikasi yang tidak penting. Untungnya, ada cara mudah untuk menonaktifkannya.

Saat Anda mematikan “Pop on screen”, notifikasi hanya akan muncul sebagai ikon di bilah status. Anda tidak akan melihat pop-up lengkap dengan konten notifikasi. Ini adalah opsi yang bagus untuk notifikasi berprioritas rendah.

Perbaiki Notifikasi yang Hilang

Beberapa perangkat Android terkenal karena membuat “optimasi” baterai yang terlalu jauh. Ini dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan dari mematikan aplikasi di latar belakang dan mencegah Anda mendapatkan notifikasinya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda sesuaikan untuk memperbaiki masalah ini. Jika Anda memiliki perangkat Samsung Galaxy, ada kemungkinan Anda mengalami “fitur” yang mengganggu ini. Ada beberapa hal yang dapat Anda sesuaikan untuk memperbaiki masalah ini.

Sembunyikan Notifikasi Sensitif di Layar Terkunci

Layar kunci adalah jendela ke ponsel Android Anda. Meskipun terkunci, orang masih dapat melihat notifikasi. Kabar baiknya adalah Anda dapat menyembunyikan konten dan tetap melihat notifikasi.

Android memberi Anda dua opsi untuk ini. Anda dapat memilih untuk menyembunyikan semua “Pemberitahuan Sensitif,” yang ditentukan oleh Android, jadi tidak banyak kontrol. Atau, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan ini untuk masing-masing aplikasi.

Dapatkan Pengingat untuk Notifikasi

Bagaimana jika tujuan Anda bukan untuk mengurangi atau menghapus notifikasi, tetapi untuk mengingatnya untuk nanti? Android memungkinkan Anda untuk “menunda” notifikasi—seperti email di Gmail—sehingga Anda dapat diingatkan di lain waktu.

Menunda notifikasi cukup menyembunyikannya selama periode waktu yang dipilih dan kemudian mengirimkannya ke ponsel Anda lagi. Dengan cara ini, Anda tidak akan secara tidak sengaja menghapus notifikasi atau melupakannya di status bar.

Block Notifications for Focus Time

Saat notifikasi menjadi terlalu mengganggu, Mode Fokus adalah teman terbaik Anda. Fitur ini memungkinkan Anda memilih aplikasi tertentu yang menurut Anda mengganggu, lalu memblokirnya untuk sementara.

Mode Fokus mirip dengan Jangan Ganggu, tetapi dimaksudkan untuk digunakan lebih banyak sesuai permintaan. Selain itu, Mode Fokus hanya memblokir aplikasi, tidak memiliki kemampuan untuk memblokir panggilan atau SMS dari orang tertentu. Anda memiliki banyak kontrol yang Anda inginkan, jadi pastikan Anda memanfaatkannya. Jangan biarkan ponsel Anda menjadi titik gangguan terus-menerus.

Itulah berita seputar 7 Cara Meningkatkan Notifikasi di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.