Cara Mengambil Screenshot di Ponsel atau Tablet Android

  • Post author:
  • Post category:Android

Terkadang Anda perlu mengambil gambar diam tentang apa yang terjadi di layar perangkat Anda—itu disebut tangkapan layar. Meskipun ini dulunya merepotkan di Android (beberapa bulan yang lalu), semua handset modern menyertakan kemampuannya. Inilah cara melakukannya.

Cara Mengambil Tangkapan Layar di Android

Perangkat Android dapat sangat bervariasi dalam hal cara kerjanya. Untungnya, sebagian besar ponsel dan tablet Android dapat mengambil tangkapan layar dengan metode yang sama.

Cukup tekan dan tahan kedua tombol Daya + Volume Turun sebentar. Layar akan berkedip, dan Anda akan melihat pratinjau gambar kecil dari tangkapan layar di sudut layar (ini akan terlihat berbeda tergantung pada ponsel Anda).

Pratinjau tangkapan layar di ponsel Google Pixel.

Anda akan melihat opsi untuk “Bagikan” dan “Edit”, ditambah beberapa perangkat juga memiliki opsi “Capture More” untuk menggulir screenshot.

Cara Mengambil Screenshot di Perangkat Samsung Galaxy

Metode di atas berfungsi pada perangkat Samsung Galaxy , tetapi ada juga beberapa metode lain yang dapat Anda gunakan. Serius, Samsung menyertakan banyak metode untuk mengambil tangkapan layar.

Selain metode Power + Volume Turun, ada juga gerakan telapak tangan, “Smart Select” untuk menangkap bagian layar, dan “Hey Bixby.” Kami memiliki petunjuk terperinci untuk semua metode ini dalam panduan khusus kami.

Anda masih akan melihat pratinjau kecil tangkapan layar di sudut layar dengan beberapa opsi langsung untuk berbagi dan mengedit.

Cara Menemukan Tangkapan Layar di Android

Terlepas dari model ponselnya, Anda dapat berinteraksi dengan tangkapan layar langsung dari bilah alat gambar mini pratinjau. Anda mungkin juga bertanya-tanya di mana tangkapan layar dapat ditemukan setelah pratinjau itu hilang.

Sebagian besar perangkat Android menempatkan tangkapan layar di folder “Screenshots” yang dinamai dengan tepat. Ini juga berlaku untuk Samsung Galaxy. Anda dapat menemukan folder ini di galeri atau aplikasi pengelola file mana pun yang Anda inginkan.

Galeri Samsung / Foto Google / Google Files

Satu-satunya pengecualian yang aneh adalah Google Foto di perangkat Samsung Galaxy. Meskipun ada folder “Screenshot” di perangkat Galaxy, folder itu tidak muncul di aplikasi Google Foto karena alasan tertentu. Tangkapan layar muncul di folder “Kamera”.

Itulah cara mengambil tangkapan layar di ponsel dan tablet Android! Ini hal yang cukup mudah untuk dilakukan, tetapi Anda mungkin memiliki lebih dari satu opsi untuk melakukannya. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, ada beberapa alat pengeditan yang Anda inginkan juga.

Itulah berita seputar Cara Mengambil Screenshot di Ponsel atau Tablet Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.