Cara Mengatur Beberapa Profil Pengguna di Android

Jika Anda berbagi perangkat Android dengan orang lain, mungkin sulit untuk memisahkan akun Anda dari mereka. Untungnya, Android mendukung beberapa profil pengguna, memungkinkan pengguna untuk berbagi perangkat tanpa takut mengganggu satu sama lain.

Apa Profil Pengguna di Android?

Jika Anda memiliki (atau pernah menggunakan) PC Windows bersama, Anda mungkin sudah akrab dengan konsep di sini. Setiap orang memiliki login mereka sendiri, lengkap dengan aplikasi dan pengaturan mereka sendiri. Ini seperti memiliki beberapa mesin yang digabungkan menjadi satu.

Tidak banyak orang menyadari hal ini, tetapi beberapa perangkat Android memiliki fitur bawaan yang sangat mirip. Ini lebih dari sekadar menambahkan akun Google kedua di samping akun utama Anda—ini adalah profil yang sama sekali berbeda dengan aplikasi, pengaturan, wallpaper, dan sejenisnya sendiri. Sekali lagi, seperti memiliki dua perangkat dalam satu. Saat Anda menambahkan profil baru, itu benar-benar melewati seluruh proses penyiapan seperti perangkat baru. Ini sangat keren.

Namun, ada kelemahannya: kinerja. Singkatnya, semakin banyak pengguna di telepon, semakin buruk kinerjanya. Seperti yang dapat Anda bayangkan, semakin banyak aplikasi yang diinstal pada setiap profil, kinerjanya akan semakin buruk. Hanya sesuatu yang perlu diingat jika Anda berencana untuk menyiapkan seluruh keluarga Anda di satu tablet.

Catatan: Beberapa profil pengguna tidak tersedia di semua perangkat Android. Ponsel Google Pixel memilikinya, tetapi ponsel Samsung Galaxy tidak. Namun, tablet Samsung Galaxy melakukannya. Prosesnya serupa untuk semua perangkat yang mendukung fitur.

Cara Mengatur Profil Pengguna di Android

Untuk memulai, geser ke bawah sekali atau dua kali dari atas layar untuk membuka panel Pengaturan Cepat. Ketuk ikon roda gigi.

Gulir ke bawah dan pilih “Sistem.” Pada tablet Samsung, itu ada di bawah “Akun dan Cadangan.”

Sekarang ketuk “Beberapa Pengguna.”

Hal pertama yang akan kita lakukan hanyalah mengaktifkan sakelar untuk mengizinkan “Gunakan Banyak Pengguna.”

Selanjutnya, ketuk “Tambah Pengguna”. akan muncul dan menjelaskan cara kerja pengguna baru. Ketuk “OK” untuk melanjutkan.

Sekarang kami dapat memberi nama pengguna dan memilih foto jika Anda mau. Ketuk “OK” setelah selesai.

Layar berikutnya akan memiliki opsi untuk beralih ke profil sekarang, mengaktifkan panggilan telepon dan SMS untuk profil, dan menghapus profil. Anda selesai membuat profil!

Cara Beralih Antar Profil

Anda dapat beralih profil dari Pengaturan seperti yang ditunjukkan di atas, tetapi ada cara yang lebih mudah. Gesek ke bawah sekali atau dua kali dari atas layar dan ketuk ikon pengguna baru.

Pilih profil yang baru saja Anda buat.

Anda akan langsung dibawa ke profil pengguna! Semudah itu.

Cara Menghapus Profil Pengguna

Jika Anda sampai pada titik di mana Anda tidak lagi memerlukan banyak profil pada suatu perangkat, Anda dapat dengan mudah menghapus profil tambahan tersebut. Geser ke bawah sekali atau dua kali dari atas layar untuk memperluas panel Pengaturan Cepat dan ketuk ikon roda gigi.

Gulir ke bawah dan pilih “Sistem.” Pada tablet Samsung, itu di bawah “Akun dan Cadangan.”

Sekarang ketuk “Beberapa Pengguna.”

Pilih profil pengguna yang ingin Anda hapus.

Ketuk “Hapus Pengguna” dan pilih “Hapus” lagi untuk mengonfirmasi. profil di Android. Jika Anda tidak memerlukan profil untuk orang tertentu, Anda juga memiliki opsi untuk membuat profil tamu. Sekali lagi, tidak semua perangkat Android mendukung fitur ini.

Itulah berita seputar Cara Mengatur Beberapa Profil Pengguna di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.