Cara Menghapus Cache Anda di Android

  • Post author:
  • Post category:Android

Untuk menghapus cache aplikasi Android, buka Pengaturan> Aplikasi, ketuk aplikasi individual, dan lihat penyimpanannya. Ketuk tombol “Hapus cache” untuk menghapus cache. Untuk menghapus cache browser Android Anda, buka browser pilihan Anda dan cari opsi di layar pengaturannya.

Menghapus cache ponsel Android Anda memungkinkan Anda untuk memperbaiki berbagai masalah ponsel dan mengosongkan ruang penyimpanan Anda. File cache bersifat sementara dan dapat dihapus tanpa mengganggu aplikasi Anda. Berikut cara menghapus cache aplikasi dan browser Anda di Android.

Menghapus Cache Aplikasi Anda di Android

Anda dapat menghapus file cache aplikasi yang diinstal untuk memperbaiki masalah mereka serta memberi ruang bagi aplikasi baru di your device.

Catatan: Dalam panduan ini, kami telah menggunakan ponsel Samsung Galaxy untuk demonstrasi. Langkah-langkahnya akan sedikit berbeda tergantung pada model ponsel Anda, tetapi Anda akan memiliki gambaran umum tentang opsi apa yang harus dipilih.

Untuk memulai, luncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda. Kemudian, pilih “Aplikasi.”

Pada halaman “Aplikasi”, di samping “Aplikasi Anda”, pilih menu hamburger (tiga garis horizontal).

Sekarang Anda akan mengurutkan aplikasi menurut ukurannya, sehingga aplikasi terbesar muncul di bagian atas dari daftar. Perhatikan bahwa ini tidak selalu menempatkan aplikasi terbesar Anda yang menempati cache di atas, tetapi tetap saja, ini membantu.

Dalam menu yang terbuka, di bagian “Urutkan Menurut”, pilih “Ukuran.” Kemudian, di bagian bawah, ketuk “OK.”

Dari daftar aplikasi di layar Anda, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya.

Pada halaman aplikasi, gulir ke bawah sedikit dan pilih “Penyimpanan”.

Pada “Penyimpanan”. ”, di samping “Cache”, Anda akan melihat ukuran cache saat ini untuk aplikasi yang Anda pilih.

Untuk menghapus cache, di pojok kanan bawah layar, ketuk “Hapus Cache”.

Ponsel Anda akan menghapus aplikasi yang dipilih cache tanpa petunjuk apa pun.

Catatan: Saat Anda mulai menggunakan aplikasi, mereka akan membuat ulang file cache untuk memberi Anda pengalaman aplikasi yang lebih baik. Anda tidak perlu mengosongkan cache setiap hari, tetapi ada baiknya untuk melakukannya sesekali, terutama ketika Anda mengalami masalah terkait aplikasi. Android

Hapus Cache Browser Anda di Android

Seperti aplikasi lainnya, browser web Anda seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge menyimpan gambar dan file situs yang disimpan dalam cache. File-file ini membantu meningkatkan pengalaman menjelajah Anda.

Namun, jika Anda mengalami masalah dengan browser Anda, sebaiknya bersihkan cache Anda. Melakukannya hanya menghapus gambar yang di-cache dan file lainnya; info masuk situs Anda dan item lainnya tetap utuh.

Hapus Cache

ChromeMulai dengan meluncurkan Chrome di ponsel Android Anda. Kemudian, di pojok kanan atas browser, ketuk tiga titik dan pilih “Pengaturan.”

Dalam “Pengaturan”, pilih “Privasi dan Keamanan.”

Pada halaman “Privasi dan Keamanan”, pilih “Hapus Data Penjelajahan”.

Anda dapat sekarang pilih item yang ingin Anda hapus dari browser Anda.

Pertama, dari menu tarik-turun “Rentang Waktu”, pilih rentang waktu yang ingin Anda hapus cachenya.

Kemudian, aktifkan opsi “Gambar dan File Cached” dan pilih “Hapus Data.”

Cache Chrome Anda sekarang telah dihapus.

Hapus Cache

Firefox Luncurkan Firefox di ponsel Android Anda. Kemudian, di sudut kanan atas, ketuk tiga titik dan pilih “Pengaturan.”

Dalam “Pengaturan,” gulir ke bawah dan pilih “Hapus Data Penjelajahan.”

Pada halaman “Hapus Data Penjelajahan”, aktifkan “Gambar dan File Cached ” pilihan. Kemudian, ketuk “Hapus Data Penjelajahan.”

Jangan ragu untuk mengaktifkan opsi lain jika Anda ingin menghapus item tersebut dari browser Anda.

Pilih “Hapus” di prompt.

Firefox sekarang telah menghapus gambar dan file yang disimpan dalam cache. Browser tepi di ponsel Android Anda. Kemudian, di bilah bawah browser, ketuk tiga titik dan pilih “Pengaturan.”

Dalam “Pengaturan”, pilih “Privasi dan Keamanan.”

Pada halaman “Privasi dan Keamanan”, pilih “Hapus Data Penjelajahan”.

Anda sekarang akan lihat daftar item yang dapat Anda hapus dari browser. Di sini, ketuk menu tarik-turun “Rentang Waktu” dan pilih rentang waktu yang Anda inginkan untuk mengosongkan cache.

Kemudian, aktifkan opsi “Gambar dan File yang Di-cache” dan ketuk “Hapus Data.”

Edge akan menghapus konten web yang di-cache.

Dengan file cache yang sekarang hilang dari ponsel Android Anda, Anda akan memiliki sedikit lebih banyak ruang penyimpanan di ponsel Anda. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa masalah aplikasi Anda telah hilang.

Disadur dari HowToGeek.com.