Cara Merekam Audio di Ponsel Android

  • Post author:
  • Post category:Android

Untuk merekam audio eksternal, buka aplikasi Perekam Suara dan ketuk tombol Rekam. Untuk merekam audio internal, buka fitur Perekam Layar, pilih “Suara Media” di Pengaturan Suara, dan ketuk “Mulai Merekam.” Untuk menyimpan rekaman layar Anda sebagai file audio, unduh aplikasi konversi audio pihak ketiga.

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin merekam audio di ponsel Android Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin membuat catatan suara atau merekam panggilan telepon. Untungnya, merekam suara di Android sangat sederhana menggunakan opsi bawaan.

Catatan: Langkah-langkah dalam panduan ini telah dilakukan pada ponsel Samsung. Jika Anda menggunakan model ponsel yang berbeda, langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda.

Cara Merekam Suara di Android

Menggunakan ponsel Android Anda, Anda dapat merekam audio internal dan eksternal. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Rekam Audio Eksternal

Untuk merekam suara Anda sendiri menggunakan mikrofon internal atau mikrofon eksternal, gunakan aplikasi Perekam Suara di ponsel Anda.

Mulai dengan membuka laci aplikasi dan meluncurkan aplikasi Perekam Suara .

Tergantung pada model ponsel Anda, Anda akan memiliki berbagai cara untuk merekam audio. Misalnya, di Perekam Suara Samsung, Anda akan menemukan tiga opsi perekaman: Standar , Wawancara , dan Ucapan-ke-Teks .

Untuk mulai merekam, di bagian bawah aplikasi, ketuk tombol Rekam berwarna merah.

Perekam Suara kini telah mulai merekam . Bicaralah ke mikrofon ponsel Anda (atau mikrofon eksternal) dan suara Anda atau suara lainnya akan ditangkap.

Jika Anda ingin menjeda rekaman saat ini, ketuk tombol Jeda.

Setelah selesai merekam dan ingin menyimpannya, di bagian bawah layar, ketuk tombol Stop.

Anda akan melihat perintah Simpan Rekaman yang meminta Anda untuk menyimpan rekaman audio Anda saat ini. Di sini, ketuk bidang teks dan ketik nama untuk file audio. Secara opsional, ketuk menu tarik-turun “Kategori” dan pilih kategori untuk file Anda.

Kemudian, ketuk opsi “Simpan”.

Dan Anda sudah selesai. Rekaman suara Anda telah berhasil disimpan di ponsel Anda.

Kemudian, Anda dapat mengakses rekaman Anda dari dalam aplikasi Perekam Suara.

Sebagian besar aplikasi Perekam Suara memungkinkan Anda menyesuaikan cara suara direkam. Untuk mengakses opsi itu, di sudut kanan atas aplikasi, ketuk menu tiga titik dan pilih “Pengaturan.” Kemudian, konfigurasikan opsi sesuai keinginan Anda.

Rekam Audio Internal

Aplikasi Perekam Suara bawaan Android tidak memungkinkan Anda merekam suara yang berasal dari aplikasi yang diinstal. Anda harus menggunakan fitur bawaan lain di ponsel Anda atau aplikasi pihak ketiga untuk merekam audio internal di Android.

Fitur bawaan yang dapat Anda gunakan disebut Perekam Layar. Sesuai dengan namanya, ini merekam layar ponsel Anda, tetapi Anda juga dapat memilih untuk merekam suara internal ponsel Anda.

Catatan: Metode ini akan menghasilkan file video, yang harus Anda konversi ke file audio jika Anda ingin menyimpannya. rekaman Anda dalam format audio.

Untuk menggunakan metode bawaan, tarik ke bawah dua kali dari layar ponsel Anda dan ketuk “Perekam Layar.”

Pada panel “Perekam Layar”, di bagian “Pengaturan Suara”, pilih “Suara Media. ” Ini memastikan rekaman Anda menangkap audio dari aplikasi yang Anda instal.

Tip: Jika Anda ingin merekam audio dari mikrofon dan aplikasi Anda secara bersamaan, pilih opsi “Suara Media dan Mikrofon”.

Selanjutnya, ketuk “Mulai Merekam.”

Anda akan melihat hitungan mundur sebelum perekaman dimulai. Kemudian, ponsel Anda akan mulai merekam suara sistem ponsel Anda.

Setelah selesai merekam, di pojok kanan atas layar, ketuk tombol berhenti.

Rekaman layar Anda sekarang disimpan di aplikasi Galeri ponsel Anda.

Mengonversi File Video Anda ke File Audio

Jika Anda lebih suka menyimpan rekaman dalam format audio, unduh aplikasi konversi audio gratis seperti MP3 Video Converter.

Luncurkan aplikasi setelah diunduh. Kemudian, pada halaman aplikasi utama, ketuk “Pilih.”

Pilih rekaman layar Anda dari daftar.

Aplikasi khusus ini memungkinkan Anda mengonversi video ke format MP3 atau AAC. Untuk memilih di antara opsi ini, ketuk tombol “Salin (AAC)” atau “MP3”, tergantung pada apa yang saat ini dipilih.

Kemudian, mulailah proses konversi dengan mengetuk “Konversi” di bagian bawah.

Tunggu sementara aplikasi mengonversi file Anda. Setelah selesai, putar file yang dikonversi dengan mengetuk “Mainkan.” Anda dapat menemukan file audio yang dikonversi di pengelola file Anda dengan mengakses jalur yang tercantum di sebelah tombol Putar.

Dan hanya itu. Punya iPhone dan ingin merekam audio di dalamnya? Jika demikian, sama mudahnya untuk melakukannya.

Disadur dari HowToGeek.com.