5 Cara Mudah Mengosongkan Penyimpanan iPhone Anda

iPhone Anda adalah penyelamat Anda—menyimpan foto-foto berharga, lagu favorit, dan aplikasi yang sering digunakan. Namun, mudah untuk mengisi penyimpanan Anda, yang dapat membuat kinerja ponsel Anda lebih lambat. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengosongkan ruang di iPhone Anda.

Kehabisan penyimpanan di iPhone Anda membuat frustrasi, tetapi Anda pasti berada di perusahaan yang baik. Lebih dari 40% pengguna iPhone kehabisan ruang penyimpanan sebulan sekali atau lebih, menurut survei tahun 2015. Dan meskipun Apple meningkatkan kapasitas penyimpanan default iPhone 13 menjadi 128GB tahun lalu, banyak pengguna yang masih kesulitan.

Kabar baiknya? Jika penyimpanan Anda hampir habis atau benar-benar habis, Anda masih memiliki opsi.

Cara Melihat Apa yang Paling Banyak Menggunakan Storage

Apple memudahkan untuk menemukan informasi mendetail tentang penyimpanan iPhone Anda. Untuk mengetahui apa yang secara khusus menghabiskan ruang atau berapa banyak data yang dapat disimpan iPhone Anda (juga dikenal sebagai kapasitas penyimpanannya), ikuti langkah-langkah berikut:

Ketuk ikon Setelan, lalu ketuk UmumSecara Umum, ketuk TentangDalam Tentang, gulir ke bawah ke Kapasitas1 per 3April MillerApril MillerApril Miller

Kapasitas iPhone Anda akan dicantumkan dalam bentuk GB. Jika tertulis 64GB, perangkat Anda dapat menyimpan data sebanyak itu. Sederhana, bukan? Anda juga dapat melihat data apa yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan di perangkat Anda. Biasanya, foto, video, podcast, musik, dan aplikasi besar adalah yang paling banyak memakan ruang di iPhone Anda.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melihat apa yang menghabiskan ruang penyimpanan iPhone Anda:

  • Ketuk ikon Pengaturan.
  • Pada Pengaturan, ketuk Umum. Gulir ke bawah dan ketuk Penyimpanan iPhone.
  • Mengetuk opsi ini akan menampilkan perincian kategori file dan media apa yang Anda simpan di iPhone.

Satu disebut “Lainnya” atau “Data Sistem” di iOS yang lebih baru. Kategori ini terdiri dari berbagai data, pengaturan, cache, pesan tersimpan, atau memo suara. Jangan khawatir tentang kategori ini—sebagai gantinya, fokuslah untuk menggunakan salah satu dari lima metode di bawah ini.

Cara Terbaik untuk Mengosongkan Penyimpanan iPhone

Apple juga akan mencantumkan rekomendasi untuk mengosongkan ruang di bawah perincian file. Misalnya, Anda mungkin perlu meninjau dan menghapus beberapa video unduhan yang tidak diinginkan lagi. Pertimbangkan untuk menggunakan rekomendasi ini sebagai langkah pertama.

Anda mungkin menemukan bahwa penyimpanan Anda masih terbatas atau hampir mencapai kapasitas setelah mengikuti rekomendasi penyimpanan. Bagaimana Anda bisa mengosongkan lebih banyak ruang?

1. Cadangkan dan Hapus Perpustakaan Foto Anda

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin memiliki banyak sekali foto dan video di ponsel Anda. Faktanya, rata-rata pengguna iPhone memiliki lebih dari 600 foto yang tersimpan di perangkat mereka pada waktu tertentu.

Inilah Alternatif Terbaik Anda dapat mengosongkan banyak ruang penyimpanan dengan menghapus media ini. Alih-alih menghapus gambar Anda selamanya, Anda dapat mencadangkan perpustakaan Anda ke platform penyimpanan cloud pihak ketiga, salah satu contoh gratis yang populer adalah Foto Google. Setelah Anda menyelesaikan pencadangan penuh gambar, Anda dapat mengosongkan perpustakaan di iPhone untuk membuat lebih banyak ruang.

Ingat bahwa mencadangkan foto ke iCloud tidak akan menyimpannya. Dengan kata lain, jika Anda menghapus semua gambar Anda dari iPhone, bahkan jika Anda mencadangkannya ke iCloud, itu akan tetap menghapusnya di semua perangkat Anda. Jika Anda tidak sengaja menghapus foto dari iPhone tanpa mencadangkannya di tempat lain, Anda masih dapat mengaksesnya di folder Baru Dihapus selama 30 hari.

2. Membongkar atau Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika Anda seperti kami, Anda mungkin memiliki aplikasi iPhone yang terlupakan atau jarang digunakan. Di tab Penyimpanan iPhone di Pengaturan Umum, Anda dapat melihat aplikasi mana yang sudah lama tidak Anda gunakan dan berapa banyak ruang yang mereka tempati. Menghapus aplikasi lama yang tidak digunakan dapat mengosongkan lebih banyak ruang.

Anda juga dapat memilih untuk melepas aplikasi dari iPhone. Dokumen dan data yang disimpan akan disimpan, tetapi aplikasi itu sendiri akan dihapus. Kapan pun Anda menginstal ulang aplikasi, Anda dapat mengakses data tersebut.

  • Kunjungi Penyimpanan iPhone di Pengaturan Umum, ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus, dan pilih Aplikasi Offload. Anda dapat mengatur ini secara otomatis.
  • Pilih App Store di Pengaturan Anda.
  • Pastikan pengaturan Offload Unused App di bagian bawah halaman diaktifkan.

3. Secara Otomatis Menghapus Pesan Lama

Pesan teks lama, terutama yang memiliki lampiran file besar, dapat dengan mudah memonopoli ruang penyimpanan Anda. Untungnya, iPhone Anda dapat secara otomatis menghapus riwayat Anda untuk membersihkan space.

Kunjungi Pengaturan dan ketuk Pesan. Ketuk opsi Simpan Pesan, yang terletak di bawah bagian Riwayat Pesan. Kemudian, pilih apakah Anda ingin menyimpan pesan lama selama 30 hari, satu tahun, atau tanpa batas waktu.

4. Hapus Media yang Diunduh

Misalkan Anda mengunduh episode TV atau film di aplikasi streaming seperti Disney+, Hulu, atau Netflix. Dalam hal ini, Anda dapat menghapus file-file itu untuk mengosongkan lebih banyak ruang di iPhone Anda. File lain, seperti musik atau podcast yang diunduh melalui layanan seperti Spotify atau Apple Music, juga dapat dihapus.

Kunjungi bagian Penyimpanan iPhone di Pengaturan Umum dan cari aplikasi tempat Anda mengunduh konten offline. Anda akan melihat tombol untuk membongkar atau menghapus file-file ini. Anda juga akan melihat bagian di bawah tombol Hapus Aplikasi. Geser dari sisi kanan layar ke sisi kiri dan ketuk delete.

5. Hapus Cache Browser Web

Cara lain untuk mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone Anda adalah dengan menghapus cache browser web. Langkah-langkah di atas akan membebaskan lebih banyak ruang, tetapi metode ini masih layak untuk dicoba. Melakukan hal ini bahkan dapat mempercepat peramban web Anda jika kinerja Anda lambat.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • Kunjungi Pengaturan dan ketuk Safari.
  • Kemudian ketuk Hapus Riwayat dan Data Situs Web.

Jika Anda menggunakan Google Chrome sebagai peramban iPhone utama, Anda ‘ll perlu mengikuti langkah-langkah yang berbeda. Di Google Chrome, ketuk menu tiga titik yang terletak di bagian bawah layar. Pilih Riwayat dan pilih Hapus Data Penjelajahan. Anda dapat menyesuaikan informasi apa yang ingin Anda hapus, tetapi mungkin ada baiknya menghapus semua itu jika Anda benar-benar kehabisan ruang.

Dapatkan Hasil Maksimal dari Ruang Penyimpanan iPhone Anda

Tidak ada pengguna iPhone yang ingin kehabisan ruang, tetapi itu terjadi lebih banyak dari yang Anda pikirkan. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli iPhone baru dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk mencoba mengosongkan semuanya.

Namun, selalu bijaksana untuk mencoba metode ini sebelum mengeluarkan uang tunai untuk iPhone baru. Satu atau beberapa teknik ini akan membantu Anda memaksimalkan ruang penyimpanan Anda.

Itulah berita seputar 5 Cara Mudah Mengosongkan Penyimpanan iPhone Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.