Cara Memperbaiki Catatan Apple Tidak Menyinkronkan Melalui iCloud

  • Post author:
  • Post category:Apple

Apple Notes adalah solusi pembuatan catatan gratis dengan beberapa fitur yang sangat kuat, tetapi terkadang Anda mungkin menemukan bahwa catatan menolak untuk disinkronkan antara iPhone, iPad, dan Mac. Masalahnya mungkin terletak pada cara Anda mengatur catatan, atau mungkin masalah yang lebih besar yang membuat Anda menggaruk-garuk kepala.

Pertama: Pastikan Catatan iCloud Diaktifkan

Agar catatan muncul di perangkat lain, catatan tersebut perlu disinkronkan melalui iCloud . Untuk melakukan ini, Anda harus memastikan bahwa Catatan diaktifkan dalam pengaturan iCloud Anda, dan periksa apakah Anda memasukkan catatan Anda ke akun iCloud dan tidak menyimpannya secara lokal di iPhone, iPad, atau Mac.

Untuk memeriksa apakah Anda aktifkan sinkronisasi iCloud untuk aplikasi Notes di iPhone Anda, buka Pengaturan di iPhone atau iPad dan ketuk nama Anda di bagian atas daftar. Pilih “iCloud” dan gulir ke bawah hingga Anda melihat Catatan. Pastikan sakelar di sebelah aplikasi diaktifkan.

Anda dapat melakukannya di Mac di Preferensi Sistem (atau Pengaturan Sistem) > ID Apple. Pilih “iCloud” dari bilah sisi dan pastikan ada kotak centang di sebelah aplikasi Catatan. Anda harus melakukan ini di semua perangkat yang Anda inginkan untuk menampilkan catatan.

Perlu juga memeriksa apakah Anda memiliki penyimpanan iCloud yang cukup untuk menyinkronkan Catatan. Perangkat Anda kemungkinan akan memperingatkan Anda bahwa Anda kekurangan ruang, tetapi Anda dapat memeriksa secara manual dengan melihat bilah Penyimpanan iCloud berwarna di menu ini di kedua perangkat. Jika Anda kehabisan penyimpanan, Anda harus membeli lebih banyak.

Berikutnya: Periksa Anda Menempatkan Catatan di iCloud

Dengan Catatan di iCloud diaktifkan, luncurkan aplikasi Catatan dan lihat di layar Folder tingkat atas (iPhone atau iPad) atau bar samping (di Mac). Anda akan melihat bagian berjudul “iCloud” tetapi juga mungkin melihat bagian lain yang berjudul “Di iPhone Saya” atau “Di Mac Saya” juga.

Jika catatan Anda disimpan di iPhone, iPad, atau Mac, maka catatan tersebut tidak akan disinkronkan antara perangkat. Anda harus memindahkannya ke iCloud agar ini berfungsi. Untuk melakukan ini di iPhone atau iPad, ketuk folder lalu gunakan tombol menu konteks elipsis “…” di sudut layar untuk “Pindahkan Catatan” ke akun iCloud Anda. Di Mac, Anda cukup menarik dan melepas folder ke bagian iCloud.

Anda juga dapat melakukannya untuk catatan dengan cara yang sama, baik dengan membuka catatan dan memindahkannya menggunakan menu konteks atau dengan menyeretnya di Mac.

Untuk memastikan bahwa catatan baru langsung masuk ke iCloud secara default, periksa apakah opsi “Akun Default” diatur ke “iCloud” di pengaturan Catatan. Akses ini di iPhone atau iPad di bawah Pengaturan > Catatan atau di Mac dengan meluncurkan aplikasi Catatan lalu mengeklik Catatan > Preferensi di bilah menu di bagian atas layar.

Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat agar catatan disinkronkan, terutama jika Anda memiliki banyak gambar atau lampiran besar di catatan Anda. Kami menyarankan untuk memberikannya beberapa jam dan memeriksa kembali.

Perbarui Perangkat Anda ke Versi Terbaru

Sekarang setelah Anda yakin melakukan segalanya dengan benar, Anda bisa mengesampingkan kesalahan manusia. Terkadang, layanan iCloud tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan salah satu alasannya mungkin karena perangkat lunak yang sudah usang.

Untuk hasil terbaik, pastikan perangkat Anda menjalankan iOS, iPadOS, dan macOS versi terbaru sebelum mengubah apa pun. Anda dapat melakukan ini di iPhone atau iPad di Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, atau di Mac di bawah System Preferences (atau Pengaturan Sistem) > Pembaruan Perangkat Lunak.

Test Koneksi Anda dan Nonaktifkan Semua VPN

Masalah sinkronisasi dengan iCloud dapat dijelaskan oleh masalah konektivitas . Jika Anda menggunakan VPN, pertimbangkan untuk mematikannya untuk melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah unggahan atau unduhan Anda. Anda dapat melakukan ini menggunakan aplikasi penyedia VPN Anda, atau aplikasi pihak ketiga apa pun yang Anda gunakan (seperti Tunnelblick di macOS).

Dengan VPN Anda dinonaktifkan, uji masalah lagi dengan mengunggah atau membuat catatan baru. Anda juga dapat mencoba memulai ulang perangkat keras jaringan seperti router atau modem untuk melihat apakah itu membantu.

Matikan Aplikasi dan Restart

Anda dapat mematikan aplikasi Notes di iPhone dengan membuka pengalih aplikasi dan menjentikkan ke atas pada aplikasi Notes. Di Mac, klik kanan pada ikon Catatan dan pilih “Keluar” atau tahan tombol Option untuk memaksa keluar dari aplikasi jika tidak responsif.

Pada tahap ini, ada baiknya juga mempertimbangkan apakah iOS, iPadOS, atau macOS yang harus disalahkan. Restart sederhana dari setiap perangkat yang terpengaruh akan mengesampingkan masalah yang disebabkan oleh proses sistem yang tidak berfungsi dengan benar dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit bahkan pada perangkat yang lebih lama.

Masalah yang Dihadapi Transisi ke Apple Notes

Jika Anda beralih ke Apple Notes dari aplikasi pencatat lain seperti Evernote atau One Note, Anda mungkin mengalami masalah dengan sinkronisasi awal. Pindah dari Evernote berarti mengekspor buku catatan Anda satu per satu ke file ENEX, lalu mengimpornya ke Apple Notes sebagai folder.

Sayangnya, Notes di macOS sepertinya tidak terlalu menyukai unggahan besar seperti ini. Terkadang unggahan hanya selesai sebagian dan ketika memeriksa koleksi Anda di iPhone atau web di iCloud.com, tidak semuanya berhasil diunggah.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bersabar. Dari pengalaman, kami telah melihat folder berisi sekitar 150 catatan yang membutuhkan waktu beberapa jam untuk muncul dengan benar di semua perangkat. Saat catatan akhirnya muncul, bandingkan koleksi di iPhone Anda dengan koleksi di Mac Anda untuk memastikan lampiran seperti gambar disertakan.

Memperbaiki kekacauan yang ditinggalkan oleh ekspor yang tidak lengkap dapat memakan waktu, tetapi tidak perlu kehilangan data . Jika folder yang Anda unggah di Mac menolak untuk muncul, Anda dapat memindahkannya secara offline dengan menyeretnya ke bagian “Di Mac Saya” (pastikan ini diaktifkan di bawah Catatan > Preferensi di bilah menu di bagian atas screen).

Setelah semua catatan Anda disimpan dengan aman di Mac Anda, nonaktifkan Notes di iCloud di Mac Anda di bawah System Preferences (atau System Settings) > Apple ID dengan menghapus centang pada kotak di samping “Notes” di tab iCloud. Anda kemudian dapat mengaktifkan kembali fitur tersebut dan menunggu Mac Anda mengunduh catatan apa pun yang masih ada di akun iCloud Anda dari perangkat lain.

Pada tahap ini, bersabarlah. Tahap ini pada dasarnya membuat Mac Anda sinkron dengan yang lainnya, jadi Anda ingin menunggu semua perangkat Anda memiliki perpustakaan catatan yang sama sebelum melanjutkan. Setelah selesai, Anda dapat mulai memindahkan folder kembali ke iCloud dengan menyeret dan menjatuhkan.

Karena aplikasi Mac tampaknya tidak terlalu menyukai transfer besar, Anda mungkin ingin memindahkannya perlahan dan mengunggah folder satu per satu. Saat Anda pergi, pastikan perubahan muncul di perangkat Anda yang lain dan iCloud.com. Jika Anda mengalami masalah, Anda selalu dapat menyeret folder Anda kembali ke akun “Di Mac Saya” untuk menjaga keamanan data Anda.

Bersabarlah Dengan Aplikasi Mac

Berdasarkan pengalaman langsung dan anekdot yang diposting online, aplikasi Notes Apple untuk macOS tampaknya lambat untuk mendorong perubahan ke server. Tidak ada tombol “Sinkronkan Sekarang” yang dapat Anda gunakan untuk mengunggah dan mengunduh perubahan, dan kincir kecil berputar yang muncul di sebelah label akun “iCloud” tampaknya muncul secara acak.

Ini termasuk catatan baru yang dibuat dengan cepat, dan unggahan besar yang dimulai saat memindahkan catatan ke ekosistem cloud Apple. Tidak banyak yang dapat dilakukan tentang hal ini selain melatih kesabaran sebelum menjadi terlalu frustrasi karena hal-hal tidak muncul di tempat yang seharusnya.

Untungnya, Anda dapat menggunakan iCloud.com untuk melihat Catatan Anda dan mendapatkan gambaran umum langsung tentang apa yang sedang berlangsung. Ini menghilangkan kemungkinan bahwa aplikasi iPhone tidak berfungsi dengan benar dengan mengambil versi terbaru catatan Anda dan menampilkannya di antarmuka web.

Kami telah melihat bukti tiga versi perpustakaan Apple Notes saat unggahan besar selesai. Pustaka “lengkap” seperti yang diunggah dari Mac, pustaka sebagian yang belum diunduh sepenuhnya di iPhone, dan gambar “asli” dari status pengunggahan saat ini di iCloud.com.

Nonaktifkan Catatan di iCloud (Tapi Hati-hati)

Anda selalu dapat menghapus catatan dengan menghapus Catatan iCloud dari satu perangkat dan membiarkannya mengunduh lagi. Namun, ini berisiko, karena Catatan apa pun yang belum diunggah ke iCloud atau disimpan secara lokal di perangkat Anda akan hilang. Anda harus berhati-hati saat melakukan ini untuk memastikan Anda tidak kehilangan data apa pun.

Di Mac, Anda dapat menggunakan alat seperti Eksportir untuk mengambil salinan catatan Anda dalam format penurunan harga sebelum melakukan sesuatu yang terlalu drastis (sayangnya Anda tidak dapat memulihkan perpustakaan Catatan dengan cara ini, tetapi setidaknya Anda mendapatkan salinan catatan dan lampiran apa pun). Di iPhone, tidak banyak yang dapat Anda lakukan.

Apple Notes Hebat (Saat Berfungsi)

Sayangnya, Notes tidak cukup tahan peluru seperti beberapa pesaingnya dalam hal fungsionalitas cloud yang memalukan karena aplikasi ini menarik alternatif untuk Evernote dengan banyak fitur canggih yang banyak dikenakan biaya oleh aplikasi pencatat.

Anda dapat menggunakannya untuk membuat sketsa atau membuat catatan tulisan tangan, memindai dokumen, berkolaborasi dengan orang lain, dan bahkan mengatur menggunakan tag dan folder pintar.

Itulah berita seputar Cara Memperbaiki Catatan Apple Tidak Menyinkronkan Melalui iCloud, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.