Cara Memperbaiki “Sistem Anda Kehabisan Memori Aplikasi” di Mac

  • Post author:
  • Post category:Apple

Apakah Mac Anda sering berhenti bekerja? Apakah Anda melihat pop-up yang sama mengeluh tentang kurangnya memori, meminta Anda untuk mematikan beberapa aplikasi? Berikut cara memperbaikinya dan mengurangi kemungkinan hal itu terjadi lagi.

Gunakan Opsi Paksa Keluar untuk Membunuh Aplikasi yang Sedang Berjalan

macOS hanya menampilkan jendela “Paksa Keluar Aplikasi” ketika benar-benar kehabisan memori, termasuk RAM fisik dan memori virtual pada drive boot Anda.

Saat melihat jendela ini, Anda harus menutup paksa aplikasi yang tidak penting untuk menstabilkan sistem Anda. Aplikasi yang tidak Anda gunakan atau yang berjalan di latar belakang yang Anda lupakan harus menjadi yang pertama digunakan. Sistem Anda akan menjadi responsif kembali setelah Anda menghapus beberapa aplikasi.

Di jendela, Anda akan melihat nama aplikasi terdaftar di samping jumlah RAM yang saat ini digunakan. Klik pada aplikasi, lalu klik “Paksa Keluar” untuk mematikannya, tetapi perlu diketahui bahwa data tidak akan disimpan. Jika Anda sedang mengerjakan dokumen di sebuah aplikasi dan Anda Berhenti Paksa, kemungkinan besar akan kehilangan pekerjaan.

Terkadang sistem akan macet di jendela ini saat mencoba mematikan aplikasi atau melanjutkan dari status masalah. Anda dapat menunggu beberapa menit agar semuanya kembali normal.

Jika Anda memiliki pekerjaan yang belum disimpan di telepon, Anda harus menunggu. Jika tidak, Anda mungkin ingin memulai ulang Mac dengan menekan dan menahan tombol daya hingga mesin mati. Kemudian, boot lagi.

Mulai Ulang Mac Anda untuk Perbaikan Cepat

Bahkan jika Anda mengembalikan macOS ke status yang dapat digunakan menggunakan metode di atas, ada kemungkinan besar Anda akan melihat jendela lagi tak lama kemudian. Pastikan Anda menyimpan apa pun yang sedang Anda kerjakan, lalu mulai ulang Mac Anda menggunakan logo Apple di sudut kiri atas layar. Ini akan membantu mengosongkan memori sebanyak mungkin.

Pertimbangkan untuk menghapus centang “Buka kembali jendela saat masuk kembali” dan hanya membuka aplikasi penting misi di masa mendatang.

Anda dapat menghemat memori fisik dan virtual dengan tidak memuat aplikasi yang tidak perlu saat komputer memulai pencadangan . Sangat mudah untuk melihat item startup Anda dengan masuk ke System Preferences (System Settings) > User Groups > Login Items. Di sini, Anda dapat menghapus aplikasi dari daftar startup dengan menyorot aplikasi dan mengklik tombol minus (-).

Mengosongkan Ruang Disk untuk Mencegah Terjadinya Kesalahan Lagi

macOS dapat mengelola memori fisik (RAM) asalkan ada ruang disk untuk menukar sesuatu masuk dan keluar. Sistem mengambil sesuatu dari memori fisik dan menempatkannya di memori virtual saat dan saat dibutuhkan.

Anda bisa mendapatkan ide bagus tentang proses ini dengan membuka Monitor Aktivitas dan mengklik tab “Memori”. Di bagian bawah tab, Anda akan melihat total “Memori Fisik” (berapa banyak RAM yang dimiliki laptop Anda) dan total “Memori yang Digunakan” (berapa banyak RAM yang sedang digunakan).

Anda juga akan melihat lihat “File Cached” yang terdaftar, yang merupakan file yang sering digunakan oleh OS yang ditukar masuk dan keluar dari memori fisik. “Tukar yang Digunakan” mengacu pada jumlah ruang yang digunakan untuk menukar file masuk dan keluar dari RAM.

Ketika Anda kehabisan (atau kehabisan ruang disk), sistem Anda tidak memiliki tempat untuk menyimpan file yang di-cache dan tidak ada ruang tersisa untuk bertukar mereka masuk dan keluar. Ini adalah salah satu alasan Anda akan melihat jendela yang meminta Anda untuk mengosongkan memori dengan mematikan aplikasi.

Anda dapat menghindari ini dengan mempertahankan ruang kosong di Mac.

Apple tidak menentukan berapa banyak ruang kosong yang dibutuhkan Mac Anda untuk beroperasi secara normal , tetapi jika Anda sering melihat kesalahan ini, kemungkinan besar Anda tidak memenuhi kriteria.

Sebagai aturan, kami menyarankan untuk menggunakan sekitar 10% dari total ruang disk Anda. Ada banyak cara untuk membuat ruang kosong di Mac Anda, seperti mengosongkan folder Unduhan, menghapus aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan, atau mengosongkan Sampah secara otomatis.

Anda juga dapat menukar file di disk Anda ke drive lain, seperti thumb drive, hard drive, atau drive yang dibuat khusus yang berada di drive kartu SD MacBook Pro Anda.

Hindari Melakukan Terlalu Banyak Sekaligus

Jika Anda sering mengalami kesalahan “Sistem Anda kehabisan memori aplikasi” dan Anda telah mencoba mengurangi ruang disk , Anda mungkin menghadapi keterbatasan sistem Anda. Ini lebih umum pada model Mac lama yang memiliki lebih sedikit memori.

Kuncinya adalah mengetahui batasan sistem Anda dan menghindari mendorong sesuatu terlalu jauh. Ini mungkin berarti mengurangi jumlah tab browser yang terbuka sekaligus, berhati-hati untuk tidak membuka terlalu banyak aplikasi yang menghabiskan banyak sumber daya (seperti editor foto atau game) sekaligus, dan mengurangi proses latar belakang.

Anda dapat menggunakan Monitor Aktivitas untuk melihat proses apa sedang berjalan di Mac Anda. Anda juga dapat melihat proses latar belakang yang sedang berjalan di sudut kanan atas layar Anda. Beberapa proses, seperti pembantu untuk aplikasi pencatat seperti Evernote atau Duet Display dapat dicegah agar tidak dimuat hingga Anda membutuhkannya.

Untuk menghentikan proses ini, Anda harus membuka preferensi setiap aplikasi untuk menonaktifkan agen peluncuran. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti CleanMyMac X untuk menemukan agen peluncuran dan kemudian menonaktifkannya.

Di atas segalanya, pastikan Anda menyimpan buffer ruang kosong yang bagus di drive boot untuk macOS guna mengelola memori fisik dan virtual Anda benar.

Isolasi Aplikasi dengan Kebocoran Memori

Jika masalahnya tampaknya terbatas pada penggunaan aplikasi tertentu, Anda mungkin menemukan kebocoran memori. Kebocoran memori adalah masalah perangkat lunak yang menyebabkan aplikasi terus meminta lebih banyak memori tanpa pernah menetapkan ulang.

Anda harus waspada untuk melihat apakah Anda masalah lebih umum saat menggunakan aplikasi tertentu. Anda selalu dapat melihat tab “Memori” di Monitor Aktivitas (klik kolom “Memori” untuk mengurutkan daftar berdasarkan penggunaan) untuk melihat apakah ada aplikasi yang tampaknya menggunakan lebih dari jumlah yang wajar.

Jika Anda menemukan aplikasi yang tampaknya membocorkan memori, Anda selalu dapat mematikannya dengan menyorotnya dan kemudian menggunakan tombol “X” di Monitor Aktivitas. Jika pembaruan tersedia, coba terapkan untuk memperbaiki masalah.

Tingkatkan RAM Anda (Jika Anda Bisa)

Kemampuan pemutakhiran Mac berada dalam tren menurun sejak Apple mulai menyolder RAM ke papan logika, sekitar peluncuran retina MacBook Pro. Dan meskipun memiliki manfaat kinerja, keputusan untuk menggunakan memori terpadu tidak membantu.

Beberapa model lebih mudah untuk diupgrade daripada yang lain, tetapi tidak ada versi silikon Apple yang menggunakan M1, M2, atau chip serupa yang dapat diupgrade di cara ini.

Beberapa model Mac lama, terutama Mac mini (model 2012, 2011, dan 2010) dan iMac (model hingga 2020 dengan prosesor Intel) sangat mudah untuk ditingkatkan. iMac bahkan memiliki port pop-out di bagian belakang untuk kemudahan instalasi.

Konsultasikan rekomendasi Apple untuk jenis RAM (seperti panduan iMac ini atau panduan mini Mac ini) sebelum membeli untuk memastikan Anda membeli modul yang benar.

Jika mesin Anda cukup tua untuk memiliki RAM yang dapat diupgrade pengguna, jangan berharap keajaiban dalam hal peningkatan kinerja. Jika RAM sangat mahal, Anda mungkin lebih baik memasukkan uang itu ke Mac pengganti.

Jika masalahnya disebabkan oleh kekurangan ruang disk yang kronis, Anda mungkin ingin meningkatkan SSD Mac Anda.

Pertimbangkan Mengganti Mac Anda

Untuk banyak pengguna , melihat kesalahan tentang sistem kehabisan memori fisik harus menjadi alasan untuk merenungkan usia mesin. Ini terutama benar jika Mac Anda sudah sangat tua sehingga tidak lagi menerima pembaruan perangkat lunak.

Mac silikon Apple yang baru akan memberikan lompatan besar dalam kinerja dibandingkan model Intel yang lebih lama. Ada Mac untuk hampir setiap anggaran atau persyaratan. Misalnya, Anda dapat memilih M1 Mac mini, yang menampilkan performa tak terkalahkan untuk harganya. Atau Mac Studio M1 Ultra-powered, yang mungkin merupakan Mac tercepat di pasar.

Itulah berita seputar Cara Memperbaiki “Sistem Anda Kehabisan Memori Aplikasi” di Mac, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.