Cara Mempercepat Pencadangan TimeMachine Anda

  • Post author:
  • Post category:Apple

Dapatkan drive pencadangan yang lebih cepat, hindari pencadangan jaringan yang lebih lambat, dan pastikan Time Machine tidak mencadangkan file yang tidak penting. Anda juga dapat meningkatkan prioritas Time Machine sehingga bekerja lebih cepat di latar belakang. Ingatlah bahwa pencadangan pertama Time Machine akan memakan waktu paling lama dan pencadangan di masa mendatang akan lebih cepat.

Apakah pencadangan Time Machine Anda terlalu lama? Percepat semuanya dengan tweak macOS, drive eksternal yang lebih cepat, atau dengan mengurangi ukuran total cadangan Anda.

Pencadangan Awal Time Machine Membutuhkan Waktu

Jika Anda mencadangkan Mac untuk pertama kali atau menggunakan drive baru, Time Machine membutuhkan untuk mencadangkan semua yang ada di drive Anda. Alat pencadangan Apple mengambil pendekatan komparatif untuk mencadangkan data, di mana hanya data baru atau yang dimodifikasi yang disalin setiap kali Anda mencolokkan drive cadangan Anda. seminggu kemudian, Time Machine hanya perlu menyalin 500MB data saat Anda memasangnya lagi. Ini bukan ilmu pasti, dan proses (latar belakang) yang berbeda akan memengaruhi berapa banyak data yang ditambahkan atau dimodifikasi, tetapi ini adalah panduan kasar .

Jika Anda baru menggunakan Time Machine dan bertanya-tanya mengapa prosesnya memakan waktu begitu lama, nikmatilah kenyataan bahwa pencadangan di masa mendatang akan memakan waktu jauh lebih sedikit.

Nonaktifkan Disk Throttling untuk Meningkatkan Kecepatan Tulis

Time Machine dirancang untuk menjadi solusi pencadangan “tidak terlihat” . Apple mengharapkannya untuk menggelembung di latar belakang, mencadangkan data ke disk tanpa memengaruhi apa pun yang Anda lakukan. Apple mencegah jenis operasi disk berprioritas rendah ini menggunakan terlalu banyak sumber daya sistem Anda.

Jika Anda mencoba untuk dengan cepat melewati cadangan Time Machine awal yang tebal (sehingga Anda dapat menginstal versi terbaru macOS, misalnya), proses pencadangan mungkin lebih lambat secara artifisial. Untungnya, Anda dapat menonaktifkan pelambatan ini dan membiarkan Time Machine menggunakan sumber daya sistem sebanyak yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Untuk melakukannya, pertama buka Terminal baik menggunakan Spotlight atau dengan meluncurkannya dari folder Applications > Utilities.

Now ketik atau salin dan tempel perintah berikut, tekan enter, lalu autentikasi dengan kata sandi pengguna Anda:

sudo sysctl debug.lowpri_throttle_enabled=0

Operasi disk dengan prioritas rendah seperti Time Machine sekarang bebas membuang sumber daya sistem Anda sebanyak mungkin dan mentransfer data secepat mungkin kecepatan yang mungkin. Tutup jendela Terminal dan biarkan pencadangan selesai.

Setelah Anda selesai, buka Terminal lagi dan jalankan perintah berikut untuk mengembalikan sistem ke pengaturan default:

sudo sysctl debug.lowpri_throttle_enabled=1

Ketika kami menguji ini, waktu yang tersisa di awal kami Pencadangan Time Machine turun dari empat jam menjadi dua jam (walaupun perubahan membutuhkan waktu sebentar untuk ditampilkan).

Gunakan Drive Cadangan yang Lebih Cepat

Batasan yang paling mungkin memengaruhi kecepatan pencadangan Time Machine Anda adalah jenis drive yang Anda gunakan dan seberapa cepat koneksi antara drive dan Mac Anda. Sayangnya, hard disk yang paling hemat biaya biasanya yang paling lambat. Jika Anda memutuskan untuk mengorbankan hard drive lama yang tidak lagi Anda perlukan untuk tujuan Time Machine, tunggu beberapa saat hingga pencadangan selesai. . Pastikan Anda membeli drive yang sesuai dengan kemampuan terbaik yang ditawarkan Mac Anda jika Anda menginginkan kinerja terbaik (atau ingin menghindari membayar untuk kecepatan drive yang tidak dapat Anda manfaatkan).

Anda dapat mengetahui apa itu Mac Anda mampu menggunakan spesifikasi teknis di situs web Apple (cara termudah adalah dengan menelusuri web, misalnya, “Spesifikasi teknis MacBook Pro Retina 2012”) atau menggunakan Informasi Sistem untuk menentukan versi USB atau Thunderbolt yang Anda gunakan.

Untuk melakukannya, klik logo Apple di pojok kiri atas layar, lalu tahan tombol Option pada keyboard Anda dan klik Informasi Sistem. Sekarang navigasikan ke “USB” untuk melihat versi (mis. “USB 3.1 Bus”) dan Thunderbolt untuk melihat kecepatan maksimum yang dimungkinkan (mis. “40Gb/s”).

Anda dapat membeli drive Thunderbolt 3 siap pakai yang terhubung melalui port USB-C di Mac Anda seperti solid-state drive (SSD) SanDisk Professional G-DRIVE Pro untuk mendapatkan kecepatan hingga 40 Gb/dtk dalam ukuran 1 TB atau 2 TB. Anda menginginkan disk setidaknya seukuran drive internal Mac Anda, jadi jika Anda mengisinya, Anda dapat mencadangkan semuanya.

Opsi lainnya adalah menggulung solusi Anda sendiri dengan penutup drive Thunderbolt 3 NVMe seperti OWC Envoy Express . Anda harus menyediakan drive NVMe M.2 Anda sendiri agar ini berfungsi, yang ideal jika Anda memiliki cadangan atau cukup beruntung untuk menemukan kesepakatan.

Hard drive (HDD) atau flash drive standar adalah pilihan termurah. Yang paling penting di sini adalah mendapatkan antarmuka tercepat yang Anda bisa, seperti Transcend USB 3.1 StoreJet. Meski begitu, Anda akan menunggu lebih lama daripada SSD eksternal berukuran sebanding atau solusi NVMe.

Lihat panduan kami tentang SSD eksternal, flash drive, dan hard drive terbaik untuk rekomendasi lebih lanjut.

Kurangi Ukuran Yang Dicadangkan

Semakin sedikit data yang Anda miliki memutuskan untuk mencadangkan, semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pencadangan. Anda dapat mengecualikan folder yang tidak Anda pedulikan menggunakan preferensi Time Machine. Untuk melakukannya, luncurkan Time Machine (di bawah Pengaturan Sistem > Umum > Time Machine di macOS 13 Ventura atau lebih baru, atau System Preferences > Time Machine di macOS 12 Monterey atau lebih lama).

Klik “Opsi” lalu gunakan tanda tambah “+” tombol untuk menambahkan direktori yang ingin Anda kecualikan. Kami memilih untuk mengecualikan folder Unduhan serta mesin virtual Paralel dan aplikasi terkait untuk mengurangi sekitar 100GB.

Jika Anda melakukan ini saat pencadangan sedang berjalan, Anda akan menjeda proses, dan hitungan mundur akan dimulai sebelum pencadangan dilanjutkan. Anda tidak akan kehilangan kemajuan apa pun dengan melakukan ini karena data apa pun yang disalin ke drive sudah ada di sana. Anda dapat memulihkan sebagian ruang di drive jika direktori yang dikecualikan ditandai untuk dihapus.

Hindari Pencadangan Jaringan yang Lambat

Anda dapat menyetel Time Machine untuk mencadangkan ke Mac lain melalui jaringan atau bahkan menggunakan Raspberry Pi berjaringan. Meskipun ini nyaman dan tidak mengharuskan Anda mencolokkan drive masuk dan keluar, ini juga berpotensi menjadi salah satu metode pencadangan paling lambat (setidaknya dalam hal pencadangan awal).

Anda akan memerlukan jaringan gigabit (atau lebih cepat) adaptor dan jaringan yang mendukung kecepatan semacam itu untuk mengalahkan kecepatan USB 2.0 sekalipun (hingga 480Mb/dtk). Jika Anda sedang terburu-buru untuk mencadangkan, gunakan drive eksternal sebagai gantinya. Jika waktu tidak penting, cadangan jaringan masih merupakan ide bagus.

Terakhir, Biarkan macOS Memulainya

Mereka mengatakan panci yang diawasi tidak pernah mendidih, dan logika yang sama dapat diterapkan ke Mac Anda. Duduk dan menonton bilah kemajuan Time Machine perlahan terisi adalah penggunaan waktu Anda yang buruk. Buat secangkir kopi dan hindari menggunakan Mac Anda (terutama untuk menyalin file, menelusuri situs web yang membutuhkan banyak sumber daya, bermain game, atau mengedit foto dan video) saat pencadangan selesai.

Time Machine tetap penting bagi pengguna Mac yang khawatir akan kehilangan data , karena iCloud tidak dapat menjalankan fungsi yang sama. Jika Anda tidak menyukai solusi pencadangan Apple, Anda dapat menggunakan alternatif Time Machine sebagai gantinya.

Disadur dari HowToGeek.com.