Cara Reset Factory MacBook Air, MacBook Pro, atau Mac Apa Pun

Dengan macOS 12 Monterey atau lebih baru di Mac tertentu, Anda dapat dengan mudah menghapus dan mengatur ulang komputer Anda menggunakan fitur bawaan yang disebut “Erase Assistant” yang dapat Anda temukan di System Preferences. Begini caranya.

Persyaratan (Dan Tip untuk Mac Lama)

Mulai dengan macOs Monterey (macOS 12), dirilis pada tahun 2021, System Preferences sekarang memiliki opsi “Hapus Semua Konten dan Pengaturan” yang mirip dengan yang ada di iPhone dan iPad . Ini hanya muncul jika Mac Anda dilengkapi dengan T2 Security Chip atau berjalan di Apple Silicon.

Jika Anda memiliki Mac yang menjalankan versi macOS yang lebih lama dari macOS Monterey—atau Mac Anda tidak memiliki fitur perangkat keras disebutkan di atas—Anda harus melakukan serangkaian langkah yang lebih rumit untuk mengatur ulang pabrik Mac Anda, seperti menginstal ulang salinan macOS dari mode Pemulihan. Untungnya, kami telah menjelaskan cara melakukannya dalam artikel terpisah yang ditujukan untuk mesin lama, tetapi kami juga akan membahas prosesnya secara singkat di bawah.

Atau, jika Mac yang ingin Anda hapus menyertakan chip T2 atau Apple Silicon dan mendukung peningkatan ke macOS Monterey atau lebih baru, Anda dapat melakukan pembaruan OS terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur “Hapus Semua Konten dan Pengaturan” untuk menghapus Mac Anda. Mac

Jika Anda memiliki Mac yang menggunakan Apple Silicon atau memiliki T2 Security Chip yang menjalankan macOS Monterey atau versi lebih baru, Anda dapat menghapus Mac dengan cepat menggunakan System Preferences. Untuk memulai, klik ikon Apple pada bilah menu di sudut kiri atas layar. Di menu yang muncul, pilih “System Preferences.”

Ketika System Preferences terbuka, abaikan jendela yang muncul dan lihat lagi bagian atas layar. Klik “System Preferences” di bilah menu dan pilih “Hapus Semua Konten dan Pengaturan” di menu.

Sebuah aplikasi bernama “Erase Assistant” akan terbuka dan akan menanyakan nama akun dan kata sandi administrator. Anda dapat mengetikkan nama dan kata sandi akun lokal apa pun di Mac Anda yang memiliki hak Administrator.

Selanjutnya, Anda mungkin diminta untuk melakukan Pencadangan Time Machine, yang selalu merupakan ide bagus. Jika demikian, buka Time Machine dan ikuti petunjuk di sana untuk mencadangkan data Anda ke drive eksternal. Setelah selesai, klik “Lanjutkan” di Erase Assistant.

Setelah dialog Time Machine opsional (yang mungkin tidak muncul di beberapa mesin), jendela Hapus Semua Konten & Pengaturan akan muncul. Klik tanda sisipan di sebelah nama akun Anda, dan Anda akan melihat daftar tindakan yang akan dilakukan Asisten Penghapusan di langkah berikutnya. Klik “Lanjutkan” saat Anda siap untuk melanjutkan.

Selanjutnya, masukkan ID Apple dan kata sandi Anda untuk keluar dari ID Apple. Setelah itu, Anda akan melihat layar peringatan.

Warning: Sebelum melanjutkan, pastikan Anda memiliki cadangan data di Mac sebelum menghapus Mac. Anda akan kehilangan semua data, aplikasi, pengaturan, dokumen, foto, atau video yang disimpan di Mac. Saat Anda siap—dan hanya jika Anda telah mencadangkan semuanya—klik “Hapus Semua Konten & Pengaturan.” Berhati-hatilah: Anda tidak akan dapat membatalkan langkah ini.

Setelah mengklik, Mac Anda akan memulai ulang dan menampilkan bilah kemajuan saat menghapus semua konten di perangkat Anda. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk mengatur Mac Anda lagi, dan Anda dapat memulai dari awal seolah-olah itu adalah Mac baru, atau menyerahkannya kepada orang lain untuk mengaturnya nanti.

Cara Reset Factory Mac

yang Lebih LamaJika Anda menjalankan macOS Big Sur atau versi lebih lama, atau Anda memiliki Mac yang tidak menjalankan Apple Silicon atau tidak memiliki chip keamanan T2, Anda harus melakukan serangkaian langkah yang lebih rumit untuk menghapus Mac Anda dan menginstal ulang macOS—terutama jika Anda akan menjual atau memberikan Mac Anda kepada orang lain.

Pertama, cadangkan file Anda menggunakan Time Machine dan pastikan cadangan bekerja dengan memeriksa file pada drive eksternal. Jika Anda tidak memiliki cadangan, Anda akan kehilangan semua data yang tersimpan di Mac yang akan Anda hapus.

Selanjutnya, Anda harus melakukan beberapa keluar akun, yang penting jika Anda menyerahkan Mac Anda untuk orang lain. Keluar dari iTunes jika Anda memiliki macOS versi Pra-Catalina (Akun > Otorisasi > Batalkan Otorisasi Komputer Ini). Juga, keluar dari iCloud di Preferensi Sistem (Preferensi Sistem > ID Apple > Tinjauan > Keluar), lalu keluar dari iMessage di app Pesan (Pesan > Preferensi > iMessage > Keluar).

Setelah itu, Anda harus masuk ke Mode Pemulihan. Matikan Mac Anda (Apple Menu > Shut Down), lalu hidupkan kembali dan tekan Command+R saat Anda melihat logo Apple di layar. Masukkan kata sandi Administrator jika perlu, lalu klik “Disk Utility” di menu yang muncul.

Setelah di Disk Utility, pilih “Macintosh HD” di sidebar. Pastikan Anda memiliki cadangan, lalu klik “Hapus” di bilah alat. Peringatan: Anda akan kehilangan semua data di drive!

Setelah selesai menghapus drive, keluar dari Disk Utility menggunakan bilah menu dan pilih “Instal ulang macOS” di menu Pemulihan, lalu ikuti petunjuk di layar.

Jika Anda memberikan Mac Anda kepada orang lain, tekan Command+Q di Setup Assistant dan matikan Mac. Saat Anda menyalakannya kembali, tekan Option+Command+P+R dan tahan selama sekitar 20 detik. Ini akan mengatur ulang NVRAM, yang menghapus pengaturan pengguna dari jenis memori khusus di Mac Anda. Setelah itu, Anda dapat mengatur Mac lagi atau menekan Command+Q untuk mematikan Mac, dan Mac siap untuk pemilik baru. Semoga berhasil!

Itulah berita seputar Cara Menyetel Ulang Pabrik MacBook Air, MacBook Pro, atau Mac Apa Pun, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.