Elon Musk menanggapi Apple dan pihak lain yang menghentikan iklan di X: ‘Ayo lakukan sendiri’

Elon Musk Twitter X
Awal bulan ini, Apple dan sejumlah perusahaan lain mengambil keputusan untuk menghentikan sementara iklan di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter). Elon Musk kini secara langsung menanggapi perusahaan-perusahaan tersebut dengan pesan vulgar: “Pergilah sendiri.”

Keputusan Apple datang sebagai tanggapan terhadap postingan antisemit Elon Musk di platform tersebut, serta laporan yang mengungkap iklan Apple telah ditampilkan bersamaan dengan teori konspirasi sayap kanan dan konten antisemit. Selain Apple, perusahaan termasuk Disney, IBM, Comcast, Paramount, dan lainnya juga menghentikan iklan di X.

Komentar Musk hari ini muncul saat wawancara dengan Andrew Ross Sorkin di The New York Times DealBook Summit. Bahkan sebelum Sorkin selesai menanyakan pertanyaannya tentang perusahaan yang menghentikan iklan di X, Musk menyela:

Saya harap mereka berhenti. Jangan beriklan. Jika seseorang akan mencoba memeras saya dengan iklan, memeras saya dengan uang… persetan sendiri.

Lakukan sendiri. Apakah itu jelas?

CEO Disney Bob Iger berada di antara kerumunan di DealBook, mendorong Musk untuk menindaklanjuti komentarnya dengan melambai ke arah Iger dan dengan riang berkata: “Hai, Bob!”

Di bagian lain wawancara, Musk mengatakan bahwa boikot iklan ini pada akhirnya akan mengakibatkan kematian X. “Apa yang akan dilakukan boikot iklan ini adalah membunuh X,” kata Musk. “Seluruh dunia akan mengetahui bahwa pengiklan tersebut membunuh perusahaan tersebut, dan kami akan mendokumentasikannya dengan sangat rinci.”

Sebuah laporan pada hari Selasa mengungkapkan bahwa lebih dari 100 merek telah mengikuti jejak Apple dan menghentikan iklan di X. Metrik internal dari perusahaan memperkirakan bahwa hal ini pada akhirnya dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan lebih dari $75 juta.

Apple tetap bungkam tentang masa depan rencananya untuk beriklan di X. Tidak ada kabar berapa lama “jeda” iklan Twitter Apple akan berlangsung. Berbicara dalam wawancaranya sendiri di DealBook hari ini, Bob Iger menegaskan keputusan Disney untuk menghentikan iklan di X.

whoa — “persetan,” kata Elon Musk kepada Bob Iger dan orang lain yang menarik iklan dari Xpada titik ini hampir seolah-olah dia menonton film Iron Man lama dan melakukan kesan kebalikan dari Tony Stark pic.twitter.com/csXxeLH2wG

— j.d. durkin (@jd_durkin) 29 November 2023
Itulah konten tentang Elon Musk menanggapi Apple dan pihak lain yang menghentikan iklan di X: ‘Ayo lakukan sendiri’, semoga bermanfaat.