iPhone mana yang memiliki 5G?

Operator telepon seluler telah menghipnotis 5G—standar koneksi nirkabel yang mendukung internet lebih cepat—untuk beberapa waktu, tetapi Anda mungkin bertanya-tanya Apple iPhone mana yang mendukungnya. Bisakah iPhone Anda mendapatkan kecepatan data nirkabel tercepat? Berikut daftarnya.

Apa Itu 5G?

5G adalah istilah umum industri untuk rangkaian teknologi nirkabel generasi ke-5 yang memungkinkan perangkat seluler beroperasi secara teoritis pada kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi pada jaringan telepon seluler daripada standar 4G LTE sebelumnya. 5G kadang-kadang diterima secara skeptis oleh pers teknologi, namun, karena peluncuran yang tidak merata dan janji memabukkan yang tidak selalu terpenuhi.

Tetap saja, iPhone yang mendukung 5G berpotensi mengunduh data dari internet dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi jika lokal menara seluler mendukung 5G. Ada pengecualian dan peringatan, tentu saja, termasuk seberapa dekat Anda dengan menara seluler berkemampuan 5G dan berapa banyak penghalang yang terletak di antara iPhone dan menara—misalnya, atap logam, dinding tebal, atau bukit. 5G?

Pada April 2022, sembilan model iPhone mendukung koneksi seluler 5G yang sebenarnya:

  • iPhone 12*
  • iPhone 12 mini*
  • iPhone 12 Pro*
  • iPhone 12 Pro Max*
  • iPhone 13*
  • iPhone 13 mini*
  • iPhone 13 Pro*
  • iPhone 13 Pro Max*
  • iPhone SE (Generasi ke-3, 2022)**

* Saat ini hanya model keluarga iPhone 12 dan iPhone 13 AS yang mendukung teknologi 5G gelombang milimeter (“mmWave”), yang memungkinkan kecepatan data nirkabel tercepat. Lihat catatan di bawah juga.

**iPhone SE (Generasi ke-3) sama sekali tidak mendukung 5G gelombang milimeter. Seperti yang dicatat dalam ulasan kami tentang SE, ini bukan kerugian besar karena kecepatan mmWave tidak realistis dalam banyak skenario dunia nyata. Ini hanya berfungsi jika Anda sangat dekat dengan menara seluler 5G dengan beberapa objek di antaranya yang dapat mengganggu sinyal.

Jika iPhone Anda terlalu tua dan tidak menyertakan perangkat keras 5G, Anda harus membeli iPhone baru yang mendukung 5G untuk mendapatkannya.

Jika Anda memiliki iPhone model lama daripada yang tercantum di atas (seperti iPhone XS atau iPhone 11) yang terhubung ke jaringan seluler AT&T, Anda mungkin perhatikan “5GE” di sudut atas layar Anda. Sebelumnya, Anda akan melihat “LTE” di tempat yang sama. Perubahan ini terjadi dengan pembaruan iOS 12.2 di 2019.

Inilah yang Perlu Anda Ketahui. Sayangnya, melihat “5GE” di iPhone Anda tidak berarti iPhone lama Anda bisa mendapatkan kecepatan 5G. Ini adalah langkah pemasaran oleh AT&T, mencoba mengubah citra teknologi 4G LTE yang ada sehingga tidak terlihat seperti layanan data selulernya tertinggal dari para pesaingnya.

iPhone 11 dan ponsel sebelumnya tidak secara fisik menyertakan perangkat keras yang diperlukan untuk terhubung ke jaringan 5G yang sebenarnya, sehingga tidak ada potensi untuk peningkatan di masa mendatang ke 5G melalui pembaruan perangkat lunak. Anda harus membeli iPhone 12 atau lebih baru untuk memanfaatkan kecepatan 5G. Selamat berselancar!

Itulah berita seputar iPhone mana yang memiliki 5G?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.