Lensa hybrid kaca-plastik yang digunakan di iPhone 15 Pro Max kemungkinan besar akan menjadi tren – Kuo

Glass-plastic hybrid lens | Close-up of iPhone 15 Pro Max camera bump
Lensa hybrid kaca-plastik canggih yang digunakan di iPhone 15 Pro Max kemungkinan akan diadopsi oleh ponsel Android kelas atas, menurut catatan investasi baru oleh analis Apple Ming-Chi Kuo.

Desain hybrid menghadirkan beberapa keunggulan lensa kaca pada smartphone yang biasanya harus menggunakan lensa plastik…

Kebanyakan ponsel cerdas menggunakan lensa plastik

Lensa kaca menawarkan kualitas optik tertinggi, namun memiliki sejumlah kekurangan saat digunakan di smartphone .

Elemen kaca biasanya harus lebih besar daripada elemen plastik, sehingga memakan lebih banyak ruang pada perangkat tipis yang memerlukan ruang lebih banyak. Kaca lebih berat daripada plastik, dalam perangkat yang perbedaan beratnya sangat kecil sekalipun. Bobot ekstra tersebut juga memerlukan motor yang lebih besar untuk stabilisasi gambar optik, yang juga menambah bobot dan konsumsi daya. Terakhir, kaca lebih rapuh, yang berarti kemungkinan lebih besar terjadinya kerusakan internal pada elemen lensa saat ponsel terjatuh.

Inilah alasan mengapa Apple telah menggunakan lensa plastik hingga dan termasuk jajaran iPhone 15 – dengan satu pengecualian.

Lensa hibrida kaca-plastik di iPhone 15 Pro Max

Lensa tetraprisma yang digunakan di iPhone 15 Pro Max adalah hibrida kaca-plastik yang dikenal sebagai 1G3P – yaitu, satu elemen kaca, tiga plastik. Ini adalah kompromi yang dirancang untuk memberikan sebagian peningkatan kualitas dari elemen kaca, tanpa kerugian dari desain yang seluruhnya terbuat dari kaca.

Banyak elemen dalam lensa yang dibuat murni untuk mengoreksi berbagai jenis distorsi. Menggunakan setidaknya satu elemen kaca menghilangkan beberapa distorsi tersebut, sehingga memungkinkan elemen yang lebih sedikit.

Dalam catatan investasi barunya, Kuo mengatakan bahwa setelah adopsi lensa hybrid oleh Apple dan Huawei, merek ponsel pintar premium lainnya kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama.

Penggunaan lensa hybrid kaca-plastik di iPhone 15 Pro Max dan P70 Art menunjukkan tren penting baru dalam industri lensa, termasuk:

1) Penggunaan cetakan/kaca bulat pada lensa hybrid kaca-plastik sebagai pengganti lensa hybrid kaca-plastik kaca tingkat wafer (WLG) berperforma lebih rendah

2) Lensa 8P menghadapi persaingan dari 1G6P, dengan keunggulan yang terakhir dalam ketinggian yang lebih rendah dan secara bertahap meningkatkan perbedaan biaya dibandingkan dengan 8P

3) Lensa hibrida kaca-plastik sebagai solusi yang lebih baik untuk mengatasi deformasi lensa yang disebabkan oleh desain CCM

4) Setelah Apple dan Huawei menggunakan lensa hibrida kaca-plastik, model kelas atas merek lain kemungkinan besar akan mengikutinya di masa depan.

Lensa tetraprisma Apple dibuat oleh Largan, tetapi elemen kacanya dialihdayakan ke pemasok lain. Largan sedang mengembangkan elemen kacanya sendiri untuk memenuhi persyaratan kualitas Apple, dengan tujuan membuat seluruh modul pada tahun 2025 atau 2026.

Lensa tetraprisma yang saat ini eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max diperkirakan akan hadir di iPhone 16 Pro tahun depan, berkat peningkatan hasil. Largan memiliki hak paten terkait lensa atau produksinya, dan terlibat dalam pertarungan hukum yang bertujuan untuk menangkis potensi persaingan bisnis Apple.

Kami baru-baru ini mencatat bahwa Kuo adalah sumber yang kurang dapat diandalkan dibandingkan sebelumnya, namun secara umum lebih kuat dengan jenis laporan rantai pasokan ini.

Itulah konten tentang Lensa hybrid kaca-plastik yang digunakan di iPhone 15 Pro Max kemungkinan besar akan menjadi tren – Kuo, semoga bermanfaat.