Mengapa Baterai iPhone Saya Kuning?

  • Post author:
  • Post category:Apple

Baterai iPhone kuning berarti iPhone Anda dalam Mode Daya Rendah. Untuk mematikan Mode Daya Rendah, buka Pengaturan > Baterai dan matikan “Mode Daya Rendah”. Mode ini juga akan mati secara otomatis setelah daya baterai iPhone Anda melebihi 80%.

Bertanya-tanya mengapa ikon baterai iPhone Anda berwarna kuning? Jangan khawatir—ikon baterai kuning tidak perlu dikhawatirkan. Di sini, kita menyelami apa arti ikon dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

Mengapa Ikon Baterai Saya Berwarna Kuning?

Ikon baterai putih berarti iPhone Anda dalam mode daya “standar” dan merah menunjukkan baterai di bawah 20%. Namun, ketika baterai iPhone Anda berwarna kuning, ini berarti Anda telah (entah bagaimana) mengaktifkan Mode Daya Rendah, yang dirancang untuk menghemat masa pakai baterai sebanyak mungkin.

Yang terpenting, ini tidak selalu menunjukkan bahwa ada masalah dengan Anda. baterai. “Solusinya” bukan untuk mengganti baterai perangkat Anda atau melakukan pemecahan masalah yang lebih mendalam. Ini hanyalah indikator yang menunjukkan bahwa Anda menggunakan mode hemat baterai Apple.

Tentu saja, jika Anda khawatir tentang masa pakai baterai perangkat, Anda selalu dapat memeriksa kesehatan baterai iPhone di bawah Pengaturan.

Cara Menonaktifkan Mode Daya Rendah aktif iPhone

Siap mengirim kemasan ikon baterai kuning iPhone? Untungnya, Mode Daya Rendah akan mati secara otomatis saat daya baterai iPhone Anda naik di atas 80%. Namun, Anda juga dapat menonaktifkan Mode Daya Rendah dengan membuka Pengaturan > Baterai dan menonaktifkan “Mode Daya Rendah”. di sebelah Mode Daya Rendah. Kemudian, cukup geser ke bawah dari kanan atas layar Anda untuk mengakses Mode Daya Rendah.

Mode ini juga ada di Apple Watch, di iPad, dan di Mac di macOS Monterey dan versi lebih baru.

Apa Fungsi Mode Daya Rendah (Low Power Mode)?

Kapan Anda mengaktifkan Mode Daya Rendah, iPhone Anda masuk ke mode hemat daya. Penundaan Kunci Otomatis dikurangi menjadi 30 detik, kecerahan layar Anda berkurang, dan kecepatan refresh pada model ProMotion dibatasi hingga 60Hz.

Selain itu, beberapa efek visual berkurang, 5G dinonaktifkan pada beberapa model, dan proses latar belakang seperti email pengambilan, penyegaran aplikasi latar belakang, Foto iCloud, dan unduhan otomatis pembaruan aplikasi dan iOS dijeda.

Mungkin efek yang paling terlihat adalah pengurangan penundaan Kunci-Otomatis. Pengaturan ini berarti bahwa layar akan terkunci setelah 30 detik tidak aktif. Karena tampilan menguras daya baterai secara signifikan, mengurangi waktu layar sebanyak mungkin akan sangat membantu meningkatkan masa pakai baterai.

Gunakan Pintasan untuk Mengotomatiskan Mode Daya Rendah

Jika Anda menyukai gagasan menghemat masa pakai baterai tetapi tidak ingin repot untuk menonaktifkan atau mengaktifkannya secara manual, otomatiskan dengan Shortcuts.

Untuk melakukannya, luncurkan aplikasi Shortcuts dan ketuk tab “Otomatiskan”. Kemudian, ketuk tombol “Buat Otomatisasi Pribadi” yang muncul.

Pilih “Level Baterai” sebagai pemicu, lalu seret penggeser ke tingkat baterai yang ingin Anda aktifkan Mode Daya Rendah. Di bawah ini, pastikan “Jatuh Di Bawah X%” dipilih (di mana X% adalah nilai yang Anda pilih di atas).

Pada layar berikutnya, ketuk “Tambah Tindakan,” lalu tambahkan “Setel Mode Daya Rendah” dan pastikan “Aktif” dipilih.

Terakhir, ketuk “Berikutnya,” lalu nonaktifkan “Tanya Sebelum Menjalankan” dengan menonaktifkan opsi. Tekan “Selesai” untuk menyimpan otomatisasi Anda.

Anda juga dapat membuat otomatisasi yang menonaktifkan Mode Daya Rendah saat baterai Anda “Naik Di Atas X%” menggunakan langkah serupa atau tetap dengan perilaku iOS default yang menonaktifkan pengaturan dengan pengisian daya 80%.

Atur iPhone Battery Life

Jika masa pakai baterai iPhone Anda memburuk dari waktu ke waktu, pertimbangkan untuk mengganti baterai Anda. Selain itu, ada beberapa tips dan trik lain untuk memaksimalkan masa pakai baterai iPhone Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.