Lembaga Kesehatan NU Imbau Masyarakat Lakukan Vaksinasi Booster Sebelum Mudik

Jakarta,

Sekretaris Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) dr Citra Fitri Agustina mengimbau masyarakat untuk menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran. Hal ini demi menghindari potensi lonjakan kasus Covid-19 di tanah air.
 
“Vaksinasi booster dapat menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan. Apalagi kita akan berkumpul dengan banyak orang seperti saat lebaran, kita perlu vaksin booster,” katanya saat ditemui di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Selasa (19/4/2022).
 
Dokter spesialis kejiwaan, di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat itu mengatakan, vaksinasi booster dapat mencegah tingkat keparahan akibat Covid-19. Selain itu, vaksinasi booster juga dapat membantu terciptanya antibodi dalam tubuh. Hal ini dapat memberikan perasaan aman bagi seseorang saat hendak bertemu banyak orang di momen lebaran Idul fitri.
 
“Vaksin booster untuk mencegah perburukan akibat Covid-19. Kita juga akan sama-sama merasa aman apabila bertemu dengan sama-sama yang sudah menerima vaksin booster,” ungkapnya.
 
Sebelumnya, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan kebijakan terbaru mengenai penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri. Hal tersebut ditujukan sebagai pencegahan terjadinya peningkatan penularan COVID-19.
 
Kebijakan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19) itu diterapkan kepada seluruh moda transportasi.
 
Dalam ketentuan baru itu, tertulis bagi calon penumpang yang sudah melakukan vaksinasi dosis 3 atau booster tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test. Sementara bagi calon penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen atau hasil negatif tes RT-PCR dan calon penumpang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR.

PBNU gelar vaksinasi booster satu juta dosis

Demi menekan laju penularan Covid-19 jelang lebaran, PBNU mengadakan vaksinasi booster massal yang dilakukan di sejumlah tempat di Indonesia. Dokter Citra mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi booster untuk turut serta mengikuti program vaksin dari PBNU yang bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kepolisian RI (Polri) itu.
 
“NU kan, mengadakan satu juta vaksinasi booster yang bekerja sama dengan Kemenag dan Polri, jadi ayo kita semarakan! Kita ramaikan dengan turut mengikuti vaksinasi. Jadi, kalau sudah divaksinasi kita akan melindungi diri kita sendiri dan sesama,” terangnya.
 
Sebagai informasi, vaksinasi booster massal jelang lebaran ini akan digelar serentak selama empat hari pada Kamis (21/4/2022) mulai pukul 10.00 WIB. Vaksinasi akan dilakukan di seluruh kantor Pengurus Cabang NU (PCNU), Pengurus Wilayah NU (PWNU), Kemenag maupun di kantor kepolisian. Selain itu, vaksinasi juga akan diselenggarakan di lembaga pendidikan maupun pesantren NU yang ditunjuk.
 
Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa Editor: Aiz Luthfi

Artikel ini di kliping dari www.nu.or.id sebagai kliping/arsip saja. Segala perubahan informasi, penyuntingan terbaru dan keterkaitan lain bisa dilihat di sumber.