Muhammad Ali Ramdhani Terima Amanah sebagai Ketua LP Ma’arif PBNU 2022-2027

Jakarta,  Muhammad Ali Ramdhani menerima amanah baru menjadi ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027.

Ramdhani resmi dikukuhkan sebagai ketua LP Ma’arif NU oleh oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf pada Kamis (24/3/2022) lalu.

LP Ma`arif NU, sebagaimana termaktub dalam Bab V Pasal 17 Ayat 6 Anggaran Rumah Tangga PBNU, bertugas melaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama di bidang pendidikan dan pengajaran formal.

Pria yang akrab dipanggil Dhani ini menuturkan, serah terima amanah pengurus LP Ma’arif NU ini merupakan bagian dari penyatuan perjuangan serta khidmah dalam mewujudkan Islam Ahlusunnah wal Jama’ah (Aswaja).

“Hari ini serah terima jabatan, yang merupakan bagian dari penyatuan perjuangan serta khidmah mewujudkan Islam Aswaja NU melalui LP Ma`arif NU,” tutur Ramdhani di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI ini, amanah tersebut menjadi tugas berat, apa yang sudah dilakukan pengurus lama akan selalu menjadi acuan sekaligus fondasi kebaikan yang harus diteruskan.

Tentu dengan berbagai inovasi berlandaskan visi besar Ketum PBNU yakni kebangkitan intelektual dan kebangkitan teknokrat.

“Meski berat, amanah ini saya terima, namun apa yang sudah dilakukan pengurus lama akan selalu menjadi acuan sekaligus fondasi kebaikan yang harus kita teruskan,” katanya.

“Saya salut dan sangat hormat pada Kiai Arjuna yang menjadi bagian dari perjalanan pendidikan NU. Khidmah dan energi beliau patut dicontoh,” lanjutnya.

Ramdhani menegaskan dirinya dan pengurus LP Ma`arif PBNU yang lain di NU bukan siapa-siapa, siapapun, apapun yang di luar PBNU, menjabat di manapun, setelah kaki menginjak PBNU bukan siapa-siapa, kecuali pengurus yang ingin berkhidmah. 

“Maka agenda ke depan adalah memantapkan langkah, jikalau ingin jalan cepat maka berjalanlah sendiri, tapi jika ingin berjalan jauh maka bersamalah. Ayo bersama untuk LP Ma`arif NU!,” tegas Dhani.

Ramdhani berharap, semua pengurus LP Ma’arif NU dapat menikmati dan melaksanakan amanah secara bersama-sama. Dan energi dari pengurus lama, sangat dibutuhkan sebagai pembimbing, karena LP Ma`arif NU merupakan rumah bersama.

Ketua PBNU bidang pendidikan, Prof KH Moh Mukri mengatakan, serah terima kepengurusan merupakan bagian dari penyaksian bersama. “Jika melihat apa yang sudah dilakukan, LP Ma`arif NU sudah mulai berbenah dan banyak capaian,” katanya.

Lembaga pendidikan di bawah NU, sudah semakin tumbuh dan sudah berubah. Yang awalnya hanya orientasi jadi ahli agama, sekarang sudah banyak corak keilmuan yang dikuasi meski tetap jadi santri. “NU-nya sudah tumbuh bagus pasti lembaga pendidikannya juga tumbuh,” ungkapnya.

Mukri mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pengurus lama, khusunya Ketua LP Maarif NU, Kiai Arifin Junaidi. 

“Saya bersaksi beliau adalah jalan panjang NU. Semenjak di Yogyakarta sudah membimbing adik-adik mahasiswanya untuk berkhidmah di NU,” ungkapnya.

Mukri juga mengucapkan selamat kepada kepengurusan baru. Ia berharap agar langkah LP Ma’arif NU semakin baik. “Selain beliau dzuriyah NU, beliau juga benar-benar aktif di NU sejak muda,” terangnya. 

Turut hadir pada serah terima pengurus LP Ma’arif PBNU kali ini, Wakil Ketua Umum PBNU Bidang Pendidikan Prof Nizar, Ketua PBNU Prof KH Moh Mukri, dan H Amin Said Husni, pengurus lama dan pengurus baru. Pengurus LP Ma`arif PBNU disahkan melalui surat keputusan Nomor : 36/A.II.04/03/2022 dan ditandatangani oleh Rais `Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib `Aam KH Akhmad Said Asrori, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf pada Rabu (23/3/2022).

Arifin Junaidi sebagai Ketua LP Maarif NU periode sebelumnya mengucapkan selamat atas kepengurusan LP Ma’arif NU PBNU periode 2022-2027.

“Selamat kepada pengurus LP Ma`arif NU periode 2022-2027 di bawah kepimpinan Prof Ali Ramdhani, insyaallah akan lebih bagus,” pungkasnya.

Artikel ini di kliping dari www.nu.or.id sebagai kliping/arsip saja. Segala perubahan informasi, penyuntingan terbaru dan keterkaitan lain bisa dilihat di sumber.