PBNU-Kemenag Adakan Mudik Sehat Gratis, Berangkat 25 April 2022

Jakarta,

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Kementerian Agama (Kemenag) RI mengadakan Program Mudik Sehat 2022. Program ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis dengan kuota terbatas hanya untuk 500 orang pemudik. 

Pendaftaran telah dibuka sejak 12-15 April 2022 pada jam kerja, di Ruang Lembaga Takmir Masjid (LTM) Kantor PBNU lantai 4, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat. Keberangkatan akan dilakukan dari Masjid Istiqlal Jakarta, pada 25 April pukul 14.00 WIB.

Ketua Panitia Mudik Sehat 2022 H Saiful Rahmat Dasuki mengatakan bahwa program mudik tahun ini merupakan yang pertama sejak pandemi Covid-19 berlangsung. Tujuan diadakannya mudik ini membantu masyarakat untuk melepas rasa rindu kepada keluarga di kampung halaman. 

“Ini juga sebagai apresiasi kinerja pemerintah yang sudah bisa menekan angka Covid-19 sehingga kita bisa mudik lagi dan kita ingin memfasilitasi mudik ini,” ungkap Saiful kepada , Kamis (14/4/2022).

Sebelum mendaftar, para calon pemudik harus terlebih dulu menyiapkan persyaratan yang telah ditentukan. Beberapa syarat untuk bisa mengikuti program Mudik Sehat 2022 ini adalah membawa fotocopy KTP dan kartu keluarga, menyertakan sertifikat vaksin booster (dosis ketiga), serta harus dipastikan bahwa pendaftar dan peserta memiliki hubungan keluarga yang dibuktikan oleh kartu keluarga.

Namun per Kamis hari ini, Saiful menyebut bahwa kuota pemudik yang mendaftar sudah mencapai 500 orang alias kuota telah terpenuhi. Namun masih ada kemungkinan untuk menambah kuota pemudik. Sebab antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk mudik bersama PBNU dan Kemenag. 

“Nanti kita koordinasikan lagi. Kalau memang perlu, kita tambahkan. Tapi itu situasional. Karena melihat antusiasme masyarakat yang tinggi, menurut saya, memang perlu ada penambahan itu,” ucap Saiful yang juga Anggota LTM PBNU ini.

Para pemudik akan mendapatkan berbagai fasilitas dari panitia. Di antaranya snack, kaos, bus eksekutif, asuransi jiwa, dan obat-obatan. Panitia telah menyiapkan sepuluh bus untuk sembilan rute perjalanan. Berikut rute mudik yang tersedia dalam Program Mudik Sehat 2022 ini:

1. Jakarta – Tuban – Lamongan – Gresik

2. Jakarta – Kediri – Jombang – Surabaya

3. Jakarta – Pasuruan – Probolinggo 

4. Jakarta – Ngawi – Madiun

5. Jakarta – Solo

6. Jakarta – Wonogiri – Sukoharjo

7. Jakarta – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang

8. Jakarta – Batang – Pekalongan – Semarang

9. Jakarta – Purwokerto – Kebumen – Yogyakarta

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Alhafiz Kurniawan

Artikel ini di kliping dari www.nu.or.id sebagai kliping/arsip saja. Segala perubahan informasi, penyuntingan terbaru dan keterkaitan lain bisa dilihat di sumber.