Tangkal Hoax, GUSDURian Cirebon Turut Meriahkan Kegiatan “NgabuburIT”

Kliping Gusdurian, Ditulis oleh Cecep Muhamad Yusup

GUSDURian Cirebon ikut berpartisipasi dalam kegiatan NgabuburIT yang diselenggarakan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kota Cirebon di Binaan Kanoman, Kota Cirebon, pada Jum’at (15/04) kemarin.

Kegiatan yang mengusung tema “Bijak dalam Identifikasi Berita Hoax” tersebut dihadiri perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon, Dinas Sosial Kota Cirebon, dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat, khususnya anak-anak agar memiliki sikap kritis terhadap informasi yang beredar dan mengetahui cara mengidentifikasi berita bohong. 

“Di tengah kencangnya arus informasi, anak-anak muda harus bijak dalam menggunakan media sosial dan menghindari berita-berita provokatif,” ungkap Ketua Relawan TIK Kota Cirebon Bayu Purnama Ramadhan dalam sambutannya.

Dalam kegiatan ini, perwakilan OJK Kota Cirebon dalam paparan materinya menjelaskan tentang tugas OJK serta membagikan tips-tips agar terhindar dari investasi bodong yang menggunakan media sosial. 

Sementara itu, Cecep, perwakilan GUSDURian Cirebon menyampaikan tentang pentingnya membangun sikap kritis dalam menghindari berita bohong dengan empat hal: Aku Lihat, Aku Tau, Aku Rasa, dan Aku Akan. Menurutnya, empat hal ini bisa digunakan dalam menganalisis berita hoax.

“Anak bisa pro-aktif ketika dia menerima berita yang belum jelas kebenarannya” terang Cecep.

Kegiatan ditutup dengan bermain Ular Tangga Internet Sehat dan buka puasa bersama anak-anak yang turut hadir.

Cecep Muhamad Yusup

Artikel ini di kliping dari Gusdurian.net sebagai kliping/arsip saja. Segala perubahan informasi, penyuntingan terbaru dan keterkaitan lain bisa dilihat di sumber.