A Dream Come True: Menjalankan Coreboot Pada Motherboard Desktop Ritel Modern

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selama bertahun-tahun meliput Coreboot (kembali ke saat itu disebut LinuxBIOS!) di Phoronix, pemilihan motherboard yang didukung agak disayangkan terutama selama dekade terakhir. Jika ingin menjalankan Coreboot pada sistem saat ini, pada dasarnya berarti menjalankan Google Chromebook, menggunakan motherboard server usang atau Lenovo ThinkPad lama yang telah melihat port Coreboot, atau di luar jangkauan kebanyakan individu adalah berbagai motherboard server yang merupakan platform atau papan referensi. desain dari hyperscaler. Tetapi selama beberapa bulan terakhir orang-orang di perusahaan konsultan 3mdeb telah melakukan prestasi yang luar biasa: porting “Dasharo” hilir Coreboot mereka ke motherboard desktop Intel yang modern dan tersedia. Saya sudah mencoba ini dan ternyata berhasil dengan sangat baik. Berikut adalah pengalaman dan benchmark Coreboot/Dasharo saya pada motherboard Intel Alder Lake ini.

Selama beberapa bulan terakhir 3mdeb telah mengerjakan port Coreboot open-source ke motherboard MSI PRO Z690-A WiFi DDR4. Mereka membuat kemajuan luar biasa dan bulan ini membaptis rilis 1.0 mereka untuk port Coreboot ini di bawah bendera Dasharo. Dasharo adalah set modul 3mdeb yang dibangun dengan solusi open-source BIOS/UEFI/firmware.

The MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 adalah motherboard Intel Alder Lake yang sudah tersedia dan dijual dengan harga sekitar $220 USD. Motherboard LGA-1700 ini memiliki semua fitur biasa yang Anda harapkan dari motherboard desktop modern dan kelas Alder Lake. Penting untuk dicatat meskipun port Coreboot ini hanya untuk versi motherboard DDR4 dan bukan alternatif DDR5 (begitu pula, 3mdeb hanya diuji dengan versi WiFi DDR4 dan bukan versi non-WiFi, tetapi diyakini bahwa non-WiFi -WiFi papan juga harus bekerja). MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 sudah tersedia dari pengecer Internet besar dan ketika memutuskan untuk memesan motherboard ini beberapa minggu yang lalu mengingat upaya Dasharo yang sedang berlangsung ini, saya tidak kesulitan menemukannya seharga $219 USD… Kesepakatan yang jauh lebih baik daripada beberapa motherboard AMD Opteron usang atau platform lama lainnya yang dijual dengan Coreboot pra-muat untuk ratusan lebih!

Jelas meskipun mem-flash motherboard Anda ke firmware sistem tidak resmi berpotensi merusak sistem Anda, jadi waspadalah terhadap risiko yang terlibat sebelum berinvestasi dalam sistem semacam itu. Tetapi ada prosedur pemulihan jika Anda mem-bata motherboard Anda saat mem-flash tetapi jika mengikuti dokumentasi Dasharo, itu diyakini cukup aman dan “sangat tidak mungkin” menghancurkan perangkat keras. Atau jika mencari risiko yang lebih kecil, 3mdeb diharapkan segera mulai menjual perangkat keras dengan Dasharo yang telah di-flash sebelumnya dan opsi dukungan berbayar. Paket Dukungan Firmware) biner sehingga tidak 100% open-source. Proses mem-flash biner Dasharo mereka ke MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 sangat mudah. Sesuai instruksi, ada build biner resmi yang tersedia dan yang diperlukan hanyalah membangun Flashrom untuk mem-flash motherboard itu sendiri. Flashrom juga mampu membuang ROM BIOS Anda yang ada untuk disimpan dengan aman dan berharap untuk mem-flash kembali ke BIOS berpemilik di kemudian hari.

Itulah berita seputar A Dream Come True: Menjalankan Coreboot Pada Motherboard Desktop Ritel Modern, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.