Aktivitas Baru Seputar Mengadaptasi Back-End Kompilator ACO Untuk RadeonSI

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebagai bagian dari pekerjaan pada driver “RADV” Mesa Radeon Vulkan, para insinyur Valve mengembangkan back-end compiler “ACO” yang sekarang digunakan secara default untuk RADV dan telah terbukti memberikan kinerja yang lebih baik setidaknya untuk RADV daripada menggunakan AMD`s back-end kompiler shader AMDGPU LLVM resmi. Sudah lama ada pembicaraan tentang menambahkan dukungan ACO ke RadeonSI sementara dalam beberapa minggu terakhir telah ada aktivitas kode baru di bagian depan itu.
Permintaan penggabungan aco/radv: refactor shader binary build interface yang berusia satu bulan oleh David Airlie baru saja digabungkan hari ini ke dalam Mesa 22.2-devel.
Refactoring dari antarmuka build biner shader ini memindahkan beberapa kode dari ACO dan “membuat antarmuka radeonsi sedikit lebih sederhana semoga”, menurut Airlie.
Airlie melanjutkan dengan menambahkan dengan kode yang sekarang digabungkan ini, “radv menyimpan biner shader sebagai alokasi tunggal linier, sedangkan radeonsi lebih suka menyimpan beberapa petunjuk ke alokasi yang berbeda. Saya pikir ini harus memberikan fleksibilitas yang cukup untuk menjalankan keduanya. Mungkin ada potensi untuk memperbaiki radeonsi nanti untuk menggunakan sesuatu yang serupa, tetapi tidak jelas bagi saya pada saat ini bagaimana tampilannya.”

Pemfaktoran ulang ACO ini sekarang menjadi bagian dari Mesa arus utama. Selain penyebutan RadeonSI, melalui garpu Mesa Git pribadi Airlie adalah cabang “radeonsi-aco-clover” yang telah dikerjakan dalam beberapa minggu terakhir. Kode itu memang cocok dengan back-end kompiler ACO untuk RadeonSI.
Belum ada permintaan penggabungan untuk menambahkan ACO ke RadeonSI dan cabang Airlie tampaknya masih dalam pengerjaan, tetapi senang melihat kemajuan pada ACO untuk RadeonSI setelah lama dibicarakan sebagai kemungkinan. Akan menarik untuk melihat reaksi AMD dan yang terpenting seberapa baik ACO terbukti bekerja untuk RadeonSI Gallium3D dibandingkan dengan back-end kompiler shader AMDGPU LLVM. ACO dengan RADV telah terbukti berkinerja baik dan menghasilkan waktu pemuatan game yang lebih cepat, jadi kita akan melihat seberapa baik itu dapat bekerja dengan RadeonSI setelah kode lebih dekat ke jalur utama.

Itulah berita seputar Aktivitas Baru Seputar Mengadaptasi Back-End Kompilator ACO Untuk RadeonSI, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.