Alat Pembaruan Firmware Linux Fwupd 1.8 Keluar Dengan Dukungan untuk Perangkat Keras Baru, Lainnya

Alat pembaruan firmware
Fwupd Linux memiliki rilis stabil utama baru mulai hari ini, versi 1.8, yang menghadirkan banyak fitur dan peningkatan baru, dukungan untuk perangkat keras baru, dan perubahan lainnya.

Fwupd 1.8 hadir dengan dukungan untuk perangkat baru, yang sekarang dapat Anda perbarui firmware mereka di bawah distribusi GNU/Linux. Ini termasuk programmer CH341A SPI, Corsair Saber RGB PRO dan penerima USB Slipstream, hub Genesys GL3521 dan GL3590, Google Servo Dock, Logitech M550, M650, dan perangkat K650, serta keyboard yang dapat dikonfigurasi Launch Lite dari System76.

Selain itu, fwupd 1.8 menambahkan dukungan untuk lebih banyak pembaca sidik jari ELAN, panel Wacom yang lebih terintegrasi, lebih banyak mesin NovaCustom, lebih banyak laptop StaLabs StarLite, lebih banyak laptop TUXEDO Computers, perangkat FlatFrog, dan modul Quectel EM05 LTE Cat 4 IoT.

Di atas dukungan perangkat keras yang ditingkatkan, fwupd 1.8 memperkenalkan beberapa baru fitur seperti atribut baru untuk CPU yang didukung HSI, atribut HSI baru untuk AMD PSP dan perlindungan sistem lainnya, dukungan SBoM (Software Bill of Materials) awal, serta dukungan untuk membuang gambar MTD ke gumpalan firmware.

Juga baru adalah fwupdmgr install perintah, yang dapat digunakan untuk menginstal versi firmware yang ditentukan, kemampuan untuk menimpa jenis mesin yang terdeteksi, yang berguna untuk debugging dan pengembangan pment, dan kemampuan untuk menampilkan nomor seri dan ID instans perangkat secara default.

Selanjutnya, fwupd 1.8 menambahkan versi fwupd-efi runtime sebagai persyaratan firmware, mengambil penghambat perangkat saat memperbarui perangkat, memulai ulang BMC (pengontrol manajemen alas tiang) setelah menginstal pembaruan BCM (Body Control Module), dan menggunakan ID pabrikan CFI (Control Flow Integrity) untuk mengatur vendor perangkat keras. Dengan rilis stabil baru ini, fwupd sekarang secara otomatis menggunakan ikon yang benar untuk lebih banyak perangkat, memungkinkan Capsule-on-Disk untuk bekerja di lebih banyak kasus, memungkinkan penyederhanaan ukuran flash flashrom yang terdeteksi, menambahkan metadata payload yang ditandatangani untuk lebih banyak perangkat keras, dan memperbaiki banyak masalah.

Untuk detail lebih lanjut, lihat catatan rilis lengkap di halaman GitHub proyek, dari mana Anda juga dapat mengunduh versi baru jika Anda ingin mengompilasinya pada distribusi GNU/Linux favorit Anda. Jika mengkompilasi perangkat lunak dari sumber bukan pilihan Anda, Anda harus menunggu fwupd 1.8 mendarat di repositori stabil distro Anda untuk update.

Sumber: Google, 9to5linux.com