Alat Upgrade Baru Linux Mint Memasuki Pengujian Beta Publik, Begini Cara Menggunakannya

Alat pemutakhiran baru
Linux Mint sekarang tersedia untuk pengujian beta publik dan Anda dapat menggunakannya sekarang untuk meningkatkan penginstalan LMDE (Linux Mint Debian Edition) 4 ke rilis LMDE 5.

Alat pemutakhiran baru diumumkan awal bulan ini dan dirancang sebagai upgrade besar ke alat pemutakhiran saat ini untuk membuat segalanya lebih mudah bagi pendatang baru yang ingin memutakhirkan instalasi Linux Mint atau Linux Mint Debian Edition (LMDE) mereka ke rilis utama.

Alat pemutakhiran Linux Mint yang baru ini sepenuhnya dapat dikonfigurasi dan dilengkapi dengan fitur seperti pengalaman pemutakhiran grafis sepenuhnya, melakukan lebih banyak pemeriksaan untuk memastikan proses pemutakhiran akan berjalan lancar dalam skenario yang berbeda, itu dilokalkan dalam berbagai bahasa, mempertahankan pilihan cermin pengguna dan tidak memaksa Anda untuk menghapus repositori khusus atau PPA Anda, dan memperingatkan Anda tentang paket yatim piatu, tetapi memungkinkan Anda menyimpannya.

Saat ini, alat pemutakhiran baru Linux Mint tersedia untuk pengujian beta publik, sebagai tambahan didukung oleh pemimpin proyek Clement Lefebvre. Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat ini hanya dapat digunakan untuk meningkatkan instalasi LMDE 4 ke LMDE 5, tetapi rilis final memungkinkan Anda juga meningkatkan instalasi Linux Mint 20.3 ke Linux Mint 21.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mencobanya dan Anda memiliki instalasi Linux Mint Debian Edition 4, Anda dapat menginstal alat pemutakhiran baru dengan menjalankan perintah di bawah ini di Terminal app.
sudo apt update
sudo apt install mintupgrade
Setelah terinstal, Anda harus menjalankannya dari baris perintah juga dengan perintah sudo mintupgrade. Jangan khawatir, Anda akan memiliki pengalaman peningkatan grafis penuh saat keajaiban terjadi di latar belakang. Dari Preferensi, Anda akan dapat menonaktifkan pemeriksaan paksa snapshot sistem, status pembaruan sistem, versi Linux Mint yang didukung, dan paket yatim piatu, yang dapat dikelola dari tempat yang sama.

Berikut adalah tur tangkapan layar dari LMDE 4 lengkap ke LMDE 5 upgrade.

Setelah proses upgrade selesai, Anda harus menghapus alat upgrade dengan menjalankan perintah sudo apt remove mintupgrade dan kemudian reboot komputer Anda. Jika Anda mengalami masalah selama proses pemutakhiran atau Anda hanya ingin memberikan umpan balik kepada pengembang Linux Mint tentang alat pemutakhiran baru, lakukan di sini.

Sumber: Google, 9to5linux.com