AlmaLinux 9.0 Dirilis Sebagai Komunitas, Alternatif Gratis Untuk Red Hat Enterprise Linux 9.0

AlmaLinux telah menjadi salah satu distribusi yang lahir dari CentOS Linux (non-Stream) yang akan berakhir dan telah membuat nama untuk dirinya sendiri di industri dengan perusahaan seperti AMD mendukungnya untuk mereka yang mencari komunitas/tanpa biaya alternatif untuk Red Hat Enterprise Linux. Hanya satu minggu setelah RHEL 9.0 menjadi GA, AlmaLinux 9.0 secara resmi dirilis hari ini.
Sungguh luar biasa melihat AlmaLinux 9.0 sudah menggunakan GA setelah ketersediaan umum Red hat Enterprise Linux 9.0 minggu lalu. AlmaLinux 9 beta telah tersedia sejak April dan mereka dengan cepat mengancingkannya setelah debut RHEL 9.0 upstream. Jika Anda ingat kembali ketika RHEL 8.0 menjadi GA pada Mei 2019, baru pada September 2019 ketika CentOS 8.0 dirilis. Penundaan multi-minggu atau bahkan multi-bulan tidak jarang selama bertahun-tahun untuk komunitas/alternatif tanpa biaya ini untuk RHEL apakah itu CentOS, mantan Scientific Linux, dan lainnya. Jadi melihat AlmaLinux pertama kali keluar dari gerbang dengan opsi berbasis RHEL 9.0 cukup mengasyikkan.
Selama setahun terakhir AlmaLinux telah membuat nama yang cukup untuk dirinya sendiri sebagai alternatif distribusi Linux perusahaan tanpa biaya untuk CentOS/RHEL.

As dengan Red Hat Enterprise Linux 9 upstream, AlmaLinux 9 menggunakan kernel Linux 5.14, GCC 11 sebagai kompiler sistem, Python 3.9, dan versi/sumber paket lain yang sama dengan RHEL9. RHEL/AlmaLinux 9 juga menekankan peningkatan yang dilakukan pada antarmuka manajemen web Cockpit, peningkatan kernel live-patching, peningkatan integrasi container dan cloud, OpenSSL 3, dan berbagai peningkatan keamanan lainnya.
AlmaLinux 9.0 tersedia untuk x86_64, AArch64, POWER PPC64LE, dan IBM s390x. Unduhan gratis dan detail lebih lanjut tentang AlmaLinux 9.0 melalui AlmaLinux.org. Saya akan segera membuat beberapa tolok ukur AlmaLinux baru di Phoronix.

Itulah berita seputar AlmaLinux 9.0 Dirilis Sebagai Komunitas, Alternatif Gratis Untuk Red Hat Enterprise Linux 9.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.