AMD Kembali Bekerja Pada Platform “Jadeite” Mereka Untuk Linux Pada 2022

  • Post author:
  • Post category:Linux

Agak mengejutkan, para insinyur AMD telah mengerjakan beberapa patch kernel Linux baru untuk platform Jadeite mereka yang sudah tua.
batu giok? Itu tidak membunyikan lonceng untuk saya pada awalnya dan tidak banyak referensi pencarian sehubungan dengan AMD Jadeite … Patch Linux minggu ini menyimpulkannya sebagai “platform Jadeite (JD) adalah varian Stoney APU.”
Stoney berusia beberapa tahun sekarang dan mengejutkan melihat AMD kembali bekerja pada platform ini dengan driver baru karena biasanya mereka lebih fokus pada perangkat keras yang jauh lebih baru… Awalnya saya bertanya-tanya apakah AMD memutar ulang APU Stoney Ridge untuk beberapa kasus penggunaan pelanggan yang aneh tetapi baru, tetapi Jadeite sendiri telah keluar sejak 2017. Satu-satunya referensi Jadeite yang ada yang dapat saya temukan di dalam pohon sumber kernel Linux adalah patch DRM AMD dari 2017 untuk memperbarui offset pesawat YUV dan patch mencatat bahwa itu diuji dengan mem-boot di Jadeite.
AMD mengerjakan 600+ baris kode kernel baru untuk meningkatkan platform Jadeite mereka di Linux.

Karya AMD Jadeite baru ini pada tahun 2022 menyediakan dukungan I2S MICSP untuk audio di Linux dengan codec audio ES8336. Tambalan itu memang baru dan hanya membawa hak cipta 2022. Patch untuk mengaktifkan I2S MICSP dengan codec ES8336 hanya untuk platform Jadeite, bukan Stoney pada umumnya.
Dengan tambalan ini, kode driver audio baru dapat diaktifkan melalui opsi build SND_SOC_AMD_ST_ES8336_MACH Kconfig. Tambalan yang ditinjau tidak menjelaskan motivasi AMD untuk akhirnya bekerja meningkatkan dukungan Jadeite/Stoney Linux pada tahun 2022. Bukan berarti kami mengeluh, tetapi tidak terbiasa melihat AMD kembali untuk menangani kode fitur baru utama untuk 5+ platform berusia tahun mengingat sumber daya / staf teknik open-source mereka yang masih terbatas (tetapi berkembang) dibandingkan dengan orang-orang seperti Intel dan dengan Jadeite yang tampaknya hanya merupakan cabang khusus dari Stoney Ridge.

Itulah berita seputar AMD Kembali Bekerja Pada Platform “Jadeite” Mereka Untuk Linux Pada 2022, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.