AMD Memposting Kode Linux Pemetaan Memori Perangkat Koheren Terbaru – Dirancang Untuk Perbatasan

Selama setahun terakhir kami telah melihat berbagai tambalan yang diposting oleh para insinyur AMD dengan upaya negara di sekitar persiapan untuk superkomputer Frontier. Sebagian besar tambalan ini melibatkan penanganan memori di Linux dan penanganan memori tujuan khusus antara CPU/GPU. Diterbitkan pada hari Senin adalah karya terbaru mereka pada pemetaan memori perangkat yang koheren untuk kernel Linux.
“MEMORY_DEVICE_COHERENT” ini dikerjakan oleh para insinyur AMD untuk upaya superkomputer Frontier mereka tetapi dapat relevan dengan superkomputer masa depan lainnya dan kodenya juga mungkin menarik bagi vendor perangkat keras lain juga. Upaya terbaru ini diringkas sebagai:
Seri patch ini memperkenalkan MEMORY_DEVICE_COHERENT, jenis memori yang dimiliki oleh perangkat yang dapat dipetakan ke dalam tabel halaman CPU seperti MEMORY_DEVICE_GENERIC dan juga dapat dimigrasikan seperti MEMORY_DEVICE_PRIVATE.

Stabilitas dan kinerja sistem tidak terpengaruh menurut pengujian kami yang sedang berlangsung, termasuk xfstests.
Cara kerjanya: BIOS sistem mengiklankan memori perangkat GPU (alias VRAM) sebagai SPM (memori tujuan khusus) di peta alamat sistem UEFI.
Driver amdgpu mendaftarkan memori dengan devmap sebagai MEMORY_DEVICE_COHERENT menggunakan devm_memremap_pages. Pengguna awal untuk kemampuan migrasi halaman perangkat keras ini adalah proyek superkomputer Frontier. Fungsionalitas ini tidak khusus untuk AMD. Kami mengharapkan vendor GPU lain untuk menemukan fungsi ini berguna, dan mungkin jenis perangkat keras lainnya di masa mendatang.
Node pengujian kami di lab mirip dengan konfigurasi Frontier, dengan memori sistem .5 TB ditambah 256 GB memori perangkat yang dibagi menjadi 4 GPU, semuanya dalam satu ruang alamat yang koheren. Migrasi halaman diharapkan dapat meningkatkan efisiensi aplikasi secara signifikan. Kami akan melaporkan hasil empiris saat tersedia. Lihat seri patch MEMORY_DEVICE_COHERENT terbaru untuk detail teknis lebih lanjut jika tertarik.
Foto ORNL menunjukkan Frontier sedang dibangun.

Frontier adalah superkomputer exascale yang saat ini sedang dibangun untuk Oak Ridge National Laboatory dan diharapkan mencapai kemampuan penuh tahun kalender ini menggunakan kombinasi CPU AMD EPYC 3rd Gen dan GPU AMD Instinct 250X. Interkoneksi yang koheren antara CPU dan GPU dengan xGMI telah menjadi apa yang dilihat sebagian besar patch dukungan Linux yang disebutkan Frontier untuk mendapatkan semua dukungan perangkat lunak secara berurutan. Frontier setelah beroperasi penuh harus memberikan kinerja komputasi di atas 1,5 Exaflops.

Itulah berita seputar AMD Memposting Kode Linux Pemetaan Memori Perangkat Koheren Terbaru – Dirancang Untuk Perbatasan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.