AMD Memposting Patch Driver Linux Untuk Blok IP “VCN 4.0” Baru

Setelah minggu lalu AMD mulai memposting patch “GFX11” untuk RDNA3, hari ini AMD menerbitkan satu set patch yang memungkinkan blok VCN 4.0 IP untuk kemampuan encode/decode video generasi berikutnya.
AMD telah mulai memposting patch driver grafis kernel AMDGPU Linux untuk mengaktifkan Video Core Next 4.0 di bawah open-source. Sementara seri tambalan ini diposting secara independen sebagai bagian dari strategi pemberdayaan blok-demi-blok IP baru mereka, mengingat waktunya, aman untuk mengasumsikan VCN4 akan datang dengan kartu grafis “RDNA3” generasi berikutnya.

The Video Codec Next 4 patch (biasanya VCN mengacu pada “Video Core Next” ketika salah ketik atau mengubah nama, sekarang disebut sebagai “Video Codec Next”) dikirim hari ini dan terdiri dari sekitar 12,3 ribu baris baru kode, tetapi lebih dari 9k baris adalah file header register. Ini baru permulaan dan cukup untuk membuat blok IP pengkodean video VCN bekerja dengan codec yang didukung yang ada.
Dengan VCN 3.0/3.1 yang sudah menangani decoding AV1, akan menarik untuk melihat apa yang baru datang dengan VCN 4.0 — semoga encode AV1 akan menarik untuk dilihat. Seri tambalan hari ini hanyalah pengaktifan sisi driver kernel dasar dan sejauh ini tidak ada kode baru yang diterbitkan untuk Mesa atau komponen ruang pengguna lainnya di sekitar VCN4. Dengan seri patch kernel ini untuk kemampuan VCN4 hanya mengekspos encode 4K HEVC dan MPEG4 AVC sedangkan di sisi decode adalah MPEG 4 AVC / HEVC / JPEG / VP9 / AV1. Dekode AV1 terbatas pada 8K dan lebih rendah. Kita akan melihat apa yang dibawa oleh seri tambalan masa depan ke fitur-fitur VCN4.
Seri patch awal VCN4 ini dapat ditemukan di milis saat menjalani peninjauan dan akhirnya bekerja ke kernel Linux arus utama.

Itulah berita seputar AMD Memposting Patch Driver Linux Untuk Blok IP “VCN 4.0” Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.