AMD Memposting Patch Linux Untuk Fitur CPU “LbrExtV2” Zen 4

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara semua fungsi utama CPU Zen 4 muncul di tempat untuk kernel Linux arus utama, insinyur AMD terus bekerja untuk mengaktifkan fitur Zen 4 baru lainnya untuk digunakan di Linux. Patch terbaru dari AMD pagi ini adalah untuk LbrExtV2. LbrExtV2 adalah singkatan mereka untuk implementasi Last Branch Record (LBR) yang diperbarui yang datang dengan CPU Zen 4. Catatan Cabang Terakhir digunakan untuk menentukan/menganalisis aliran kontrol perangkat lunak dengan mencatat informasi cabang ke register secara real-time. Informasi LBR dapat digunakan untuk menentukan jalur kode panas dan berguna untuk area seperti pengoptimalan kompiler yang dipandu profil dan penyetelan lainnya berdasarkan kemampuan menganalisis cabang yang sering diambil dalam perangkat lunak. AMD Last Branch Record Extension Versi 2 menambahkan fitur baru seperti LBR-Freeze-on-PMI untuk korelasi yang lebih baik dengan kejadian PMC overflow. Ada juga dukungan penyaringan cabang perangkat keras baru untuk merekam jenis cabang tertentu saja. Pemfilteran LbrExtV2 mencakup kemampuan untuk menekan cabang hanya untuk kernel saja, ruang pengguna saja, cabang bersyarat, panggilan relatif dekat, panggilan dekat tidak langsung, pengembalian dekat, lompatan dekat tidak langsung, lompatan relatif dekat, dan cabang jauh. LbrExtV2 juga memperluas API ruang pengguna Linux perf untuk memberikan informasi spekulasi cabang dengan CPU Zen 4 yang sekarang dapat memberikan detail spekulasi cabang. Informasi spekulasi termasuk apakah jalan yang benar diambil untuk cabang dan apakah spekulasi terlibat atau apakah jalan yang salah diambil.

Hampir seribu baris kode baru yang mengerjakan penanganan AMD Last Branch Record Extension Versi 2 untuk Zen 4 dapat ditemukan sekarang untuk ditinjau di milis kernel. Sementara itu seri tambalan sekunder ini menambahkan informasi spekulasi ke perf tooling Linux. Sementara CPU Zen 4 diluncurkan akhir kuartal ini, waktu tambalan ini berarti mereka tidak akan digunakan hingga setidaknya Linux 6.1 yang pada gilirannya tidak akan stabil sampai sekitar akhir tahun – diberikan, untuk sebagian besar pengguna mereka tidak akan peduli dengan integrasi kinerja Linux LbrExtV2 kecuali terlibat dalam profil dan penyetelan sistem yang berat.

Itulah berita seputar AMD Memposting Patch Linux Untuk Fitur CPU “LbrExtV2” Zen 4, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.