AMD Mengirim Patch Linux Baru Sebagai Bagian Dari Dukungan GPU Generasi Selanjutnya

Beberapa seri patch diluncurkan kemarin karena mengaktifkan blok IP baru pada prosesor grafis Radeon yang akan datang.
Seperti yang ditulis sekitar beberapa bulan yang lalu, AMD menggunakan pendekatan baru untuk mengaktifkan GPU baru mereka di Linux di mana alih-alih mengirimkan seri patch besar dengan nama kode ikan berwarna-warni, mereka mengirimkan seri patch individual yang menampilkan blok IP individu GPU di sebuah waktu.
Strategi pemberdayaan “blok-demi-blok” baru ini sejalan dengan pekerjaan driver AMDGPU mereka dalam mengadopsi enumerasi perangkat berbasis IP dan kurang mengandalkan nilai driver yang dikodekan secara keras. Apa artinya ini pada akhirnya adalah driver AMDGPU lebih mudah beradaptasi untuk desain GPU masa depan tetapi juga menguntungkan mereka dengan mempersulit rahasia produk perangkat keras baru untuk diekspos lebih awal oleh patch Linux — daripada seri patch monolitik besar yang memberikan dukungan , hanya ada banyak seri tambalan individu yang memunculkan blok berbeda yang mungkin atau mungkin tidak semuanya untuk satu GPU tertentu mengingat para insinyur AMD sering bekerja untuk mendukung beberapa varian sekaligus.
Dengan mengirimkan seri patch yang lebih kecil dari waktu ke waktu, ini juga memudahkan AMD untuk menghapus prosedur tinjauan hukum/teknis untuk menerbitkan kode. Jadi pada akhirnya ini adalah kemenangan bagi semua pihak meskipun membuat hal-hal menjadi kurang layak diberitakan untuk outlet lain tanpa seri tambalan besar yang ditandai dengan nama kode yang menyenangkan.
Di Linux 5.18 mereka mengirimkan lebih banyak pemberdayaan blok IP baru dan seri tambalan lainnya baru-baru ini. Pekerjaan ini dibangun untuk GPU gaming generasi berikutnya “RDNA3” akhir tahun ini serta GFX940 sebagai akselerator Instinct generasi berikutnya AMD.

On Wednesday adalah beberapa seri patch blok IP lainnya. NBIO 4.3 sebagai versi terbaru dari blok IP “New Bus IO” mereka untuk menangani interaksi perangkat dengan bus PCI Express pada GPU. File header NBIO saja untuk versi baru adalah 82k baris kode lainnya untuk driver AMDGPU.
IH 6.0 sebagai IP terbaru untuk Handler Interupsi GPU mereka.
HDP 6.0 sebagai versi baru dari Host Data Port IP mereka untuk antarmuka dari CPU ke vRAM (PCI BAR).
SMUIO 13.0.6 sebagai versi terbaru dari System Management Unit IO mereka untuk akses ROM vBIOS dan fungsionalitas lainnya.
Bergantung pada tinjauan/waktu, blok baru ini mungkin melihatnya di siklus kernel v5.19 yang akan datang.

Itulah berita seputar AMD Mengirim Patch Linux Baru Sebagai Bagian Dari Dukungan GPU Generasi Selanjutnya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.