AMD Mengirim Patch Linux Baru Untuk RDNA3 “GFX11”

AMD terus bekerja pada dukungan driver Linux open-source mereka untuk GPU generasi berikutnya… Patch terbaru yang diposting pada hari Jumat adalah untuk “GFX11”, menunjuk ke versi IP grafis utama baru dengan prosesor grafis RDNA3 yang akan dirilis akhir tahun ini.
AMD terus menghadirkan dukungan GPU baru mereka yang belum pernah dirilis dalam pendekatan “blok demi blok” baru daripada seri patch yang besar dan tinggi seperti generasi sebelumnya. Sebagaimana dicatat, ini memiliki sejumlah manfaat untuk meningkatkan alur kerja pengembangan mereka dan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan tambalan di luar sana tepat waktu sebelum peluncuran.
Kegembiraan terbaru yang perlu diperhatikan dengan seri patch terbaru mereka adalah pengenalan blok “GFX11”. GFX9 adalah Vega/CDNA dan GFX10 adalah untuk Navi 1x/2x (RDNA / RDNA2) sementara GFX11 sekarang hampir pasti untuk RDNA3. Patch terbaru untuk mengakhiri minggu ini mulai memperkenalkan dukungan driver open-source untuk GFX11.
AMD mulai mendaratkan patch di dalam kompiler LLVM untuk target “GFX11” untuk back-end kompiler AMDGPU shader mereka. AMD kemudian melanjutkan dengan mulai memposting patch driver kernel AMDGPU di sekitar GFX11.
Header GFX11 telah diposting dan menambahkan 24.6k baris ke driver di sana. Kemudian ada 73 tambalan yang dikirim pada hari Jumat untuk mengaktifkan MES – Penjadwal Mesin Mikro. AMD Micro Engine Scheduler (MES) baru adalah pengontrol mikro penjadwal perangkat keras untuk menjadwalkan antrian mesin ke slot perangkat keras. Setelah itu ada 29 patch lain untuk mengaktifkan grafis dan dukungan komputasi untuk blok GC 11.0 baru yang sejalan dengan manajemen mesin MES.

Pekerjaan pengaktifan driver Linux open-source untuk GPU RDNA3 tentu saja memanas dan mencapai penurunan kode yang lebih menarik. Tidak ada detail super menarik yang diungkapkan oleh seri terbaru ini selain mengonfirmasi bahwa RDNA3 mengantarkan GFX11 sebagai lawan dari putaran GFX10 lainnya. Jika semuanya berjalan dengan baik, akan ada dukungan upstream di kernel Linux dan Mesa untuk GPU RDNA3 menjelang peluncuran kartu grafis akhir tahun ini – pantau terus saat pekerjaan pengaktifan berlanjut dan pemantauan saya terhadap status dukungan Linux.
Dikirim pada hari Jumat juga merupakan tarikan lain dari materi yang disiapkan untuk DRM-Next menjelang jendela penggabungan kernel Linux 5.19 pada akhir Mei. Penting dengan tarikan yang memungkinkan blok SoC21 tetapi selain itu lebih banyak pekerjaan penemuan IP dan perbaikan lainnya serta peningkatan kode tingkat rendah.

Itulah berita seputar AMD Mengirim Patch Linux Baru Untuk RDNA3 “GFX11”, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.