AMD Mengirim Perbaikan Menit Terakhir Ke Linux 6.0 Untuk Kartu Grafis RDNA3

  • Post author:
  • Post category:Linux

Linux 6.0 harus dirilis sebagai stabil pada hari Minggu kecuali Linus Torvalds memiliki reservasi menit terakhir dan memutuskan untuk memperpanjang siklus dengan satu minggu ekstra. AMD telah mengirimkan set tambalan menit terakhir untuk driver kernel AMDGPU mereka dengan Linux 6.0 untuk menangani apa yang tampaknya menjadi kartu grafis RDNA3 yang akan datang. Pengelola AMDGPU Alex Deucher mengirimkan permintaan tarikan menit terakhir dari serangkaian perbaikan yang diinginkan untuk masuk sebelum rilis Linux 6.0: “Maaf, beberapa perubahan menit terakhir untuk menangani firmware/biosis yang diperbarui dan revisi papan yang berisi IP baru yang ditambahkan di siklus ini. Diperlukan penarikan beberapa patch pembersihan untuk penyerahan firmware RLC, tetapi mereka hanya diterapkan pada GC 11. dalam kasus ini. Saya pikir itu akan lebih bersih daripada sekelompok perbaikan lokal yang akan menyebabkan konflik penggabungan untuk -selanjutnya, dan waktu semakin singkat untuk 6.0. Mereka hanya diterapkan pada GC 11, jadi tidak ada kemungkinan regresi pada asics yang ada.” Dari suaranya dan berdasarkan pengalaman masa lalu, kemungkinan mereka beralih dari sampel teknik RDNA3 ke sekarang mendapatkan kartu grafis RDNA3 produksi aktual. Terkadang kumpulan awal kartu grafis RDNA3 yang ditujukan untuk produksi memiliki perubahan vBIOS/firmware menit terakhir yang tidak diharapkan oleh driver selama proses pengaktifan perangkat keras awal dan memerlukan perubahan untuk mengakomodasi. Bagaimanapun, pengumuman AMD RDNA3 akan datang pada 3 November. RLC dalam kasus khusus ini adalah apa yang awalnya dikenal sebagai “RunList Controller” dan merupakan mikrokontroler dari blok GFX/compute yang bertanggung jawab untuk menangani manajemen daya dan fungsionalitas terkait. GC 11 adalah untuk blok GFX11 “Graphics and Compute” baru dari RDNA3 dibandingkan dengan RDNA1/RDNA2 di GFX10. Dengan AMD yang mengejar tambalan menit-menit terakhir ini untuk Linux 6.0, itu menanamkan beberapa harapan/keyakinan bahwa Linux 6.0 sebaliknya dalam kondisi yang baik untuk grafis RDNA3. Jika mereka masih memiliki banyak pekerjaan membawa RDNA3 yang harus dilakukan, mereka mungkin akan menyalurkan patch ini ke DRM-Next untuk jendela penggabungan Linux 6.1 yang akan segera terjadi, tetapi lebih bertujuan untuk membuat bit-bit ini ke dalam Linux 6.0 yang stabil. Dengan strategi pemberdayaan “blok demi blok” modern daripada pendekatan monolitik “berwarna-warni mencurigakan” sebelumnya, lebih sulit untuk memastikan persyaratan dukungan/versi yang tepat untuk kartu grafis yang belum dirilis tanpa mengetahui versi blok IP tertentu yang digunakan grafis mendatang kartu-kartu. Tetapi dengan itu, sepertinya Linux 6.0 diharapkan akan menjadi dasar untuk kartu grafis RDNA3 yang akan diumumkan pada bulan November.

Di sisi ruang pengguna Mesa, ada dukungan awal GFX11 / RDNA3 di Mesa 22.2 tetapi kemungkinan besar para gamer/penggemar ingin menggunakan Mesa 22.3. Mesa 22.3 yang akan datang sepertinya pasti akan dibutuhkan untuk RADV/ACO mengingat lebih banyak pekerjaan GFX11 yang mendarat di sana baru-baru ini tetapi untuk RadeonSI mungkin untuk lebih banyak fitur dan optimasi kinerja Anda akan ingin berada di Mesa 22.3-devel/Git, yang pada gilirannya akan stabil sekitar bulan Desember. Tetapi setidaknya jika Linux 6.0 memiliki bit kernel yang diperlukan, itu adalah pertanda baik dengan rilis stabil yang akan segera terjadi dan akan memberikan waktu untuk bekerja dengan cara ke distribusi rilis bergulir seperti Arch Linux dan bahkan pembaruan rilis stabil ke Fedora menjelang November. peluncuran GPU. Plus akan ada file firmware AMDGPU yang belum diterbitkan yang dibutuhkan dari linux-firmware.git. Di sisi RadeonSI dengan back-end kompiler shader AMDGPU LLVM, dukungan GFX11 awal hadir di sana dengan LLVM 15 yang baru dirilis.

Itulah berita seputar AMD Mengirim Perbaikan Menit Terakhir Ke Linux 6.0 Untuk Kartu Grafis RDNA3, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.