AMD Mengumumkan Prosesor Seluler Seri Ryzen 8040 Dengan AI Ryzen yang Lebih Baik

Selain AMD menggunakan acara AI hari ini untuk meluncurkan Instinct MI300A dan MI300X bersama dengan ROCm 6.0, AMD juga mengumumkan prosesor seluler seri Ryzen 8040. Penekanan besar pada prosesor laptop yang akan datang ini adalah pada kemampuan AI antara NPU khusus dengan AMD XDNA, inti CPU Zen 4 dengan dukungan AVX-512 VNNI, dan grafis AMD RDNA3 yang mampu mempercepat AI.

AMD awalnya memperkenalkan Ryzen AI dengan NPU XDNA dengan seri Ryzen 7040, sedangkan seri Ryzen 8040 akan menghadirkan produk Ryzen AI generasi kedua mereka.

AMD juga berupaya membantu lebih jauh dalam kisah perangkat lunak Ryzen AI.

Semakin banyak program Microsoft Windows yang menambahkan dukungan untuk Ryzen AI, sebagian melalui Microsoft ONNX Runtime. Seperti yang ditulis pada bulan Oktober, AMD telah mengevaluasi dukungan Ryzen AI untuk Linux.

Ketika diberi pengarahan sebelum acara AMD AI hari ini, saya bertanya tentang pembaruan apa pun pada dukungan Linux… Saya diberi tahu bahwa PyTorch dan Tensorflow berfungsi di Linux. Tentu saja. Namun apakah Ryzen AI benar-benar diaktifkan di Linux, masih belum jelas. Saya belum memiliki jawaban langsung, tiket pelacakan GitHub AMD tetap terbuka, dan saya belum diberi tahu secara eksplisit tentang dukungan Ryzen AI untuk Linux selain mengakui PyTorch dan TensorFlow berfungsi di Linux. Dan, ya, ONNX Runtime juga bisa digunakan di Linux.

Kemungkinan hanya masalah waktu sebelum Ryzen AI secara resmi didukung di Linux, terutama dengan Ryzen AI yang pada akhirnya akan muncul di perangkat keras yang tertanam di Ryzen untuk komputasi edge/smart dan skenario lain yang lebih mengutamakan Linux umum daripada hanya di desktop/laptop dengan Windows.

Dengan prosesor seri Ryzen 8040 baru, inti CPU Zen 4 dan grafis RDNA3 masih digunakan tetapi dengan kemampuan NPU XDNA yang ditingkatkan. AMD menyebutkan peningkatan sekitar 1,4x dalam performa AI untuk casing seperti Llama 2 dan model vision.

Meskipun Intel telah mengindikasikan bahwa semua SKU Meteor Lake mereka akan menampilkan unit pemrosesan saraf (NPU), seri Ryzen 8040 meninggalkan versi terbawah Ryzen 5 SKU 8540U dan Ryzen 3 8440U tanpa NPU.

Seri AMD Ryzen 8040 akan tersedia pada Q1 2024 dengan 16 NPU TOPS dan 39 total TOPS, naik dari 10 NPU TOPS dan 33 total TOPS pada seri Ryzen 7040 saat ini. AMD juga menegaskan kembali APU “Strix Point” mereka dengan dukungan AI generasi berikutnya yang akan hadir pada tahun 2024.

Dengan APU Strix Point dengan XDNA 2, AMD menghadirkan performa AI generatif lebih dari 3x.

Itulah highlight singkat dari seri AMD Ryzen 8040 yang dibagikan hari ini untuk acara yang sarat AI ini. Mudah-mudahan kita akhirnya melihat dukungan kuat untuk Ryzen AI Linux pada tahun 2024.

Itulah berita seputar AMD Mengumumkan Prosesor Seluler Seri Ryzen 8040 Dengan AI Ryzen yang Lebih Baik, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.