AMD Menyiapkan Driver Linux Untuk Kartu “Beige Goby” Entry-Level RDNA2 lainnya

Sepertinya AMD sedang mempersiapkan kartu grafis Radeon RDNA2 low-end/entry-level lainnya, mengingat kode driver grafis Linux open-source terbaru mereka. Mengikuti set besar patch driver grafis yang dikirim awal minggu ini untuk Linux 5.19, dua permintaan tarikan sekunder dari perubahan AMDGPU diajukan pada hari Kamis ke pengelola DRM untuk disertakan di Linux 5.19. Penarikan ini jauh lebih kecil daripada kumpulan utama perubahan fitur yang mencakup banyak pekerjaan dalam mempersiapkan kartu grafis RDNA3 generasi berikutnya. Penarikan pada hari Kamis ini mencakup perbaikan pelatihan tautan, perbaikan hot-plug, berbagai perbaikan GFX9 Vega dan GFX10 RDNA/RDNA2, dan sebagian besar perbaikan dan pembersihan lainnya. Tetapi ada juga “tambahkan PCI [ID perangkat] baru.” ID perangkat PCI baru yang ditambahkan adalah kartu Beige Goby lain untuk RDNA2/Navi2 tingkat pemula. Radeon RX 6500 XT adalah salah satu GPU “Beige Goby” saat ini.

ID perangkat Beige Goby baru yang ditambahkan adalah 0x7424 dan berada di atas ID Beige Goby yang sudah ada yaitu 0x7421, 0x7422, 0x7423, dan 0x743F. Saya belum pernah melihat ID Radeon PCI 0x7424 ini disebutkan di tempat lain dan tambalan yang menambahkan ID perangkat baru ini tidak mengutip laporan bug atau produk yang ada, jadi tampaknya itu bukan ID perangkat yang sebelumnya dilupakan untuk ditambahkan melainkan beberapa varian baru/belum dirilis. Beige Goby adalah nama kode ikan berwarna-warni yang ditargetkan Linux untuk apa yang kemudian dikenal sebagai Navi 24. Radeon RX 6400 adalah kartu grafis “Beige Goby” lain yang sudah ada yang telah didukung di Linux sejak sebelum diluncurkan. dari kartu Beige Goby lain apakah AMD akhirnya meluncurkan beberapa Radeon RX 6300 (sudah dikabarkan meskipun mungkin sudah ada di kernel sebagai salah satu ID PCI Beige Goby lain yang tidak digunakan seperti RX 6300M) atau kemungkinan RX 6450/6550 Kartu jenis “refresh” XT di masa mendatang. Bagaimanapun, ID Beige Goby baru ini sedang ditambahkan ke kernel Linux 5.19. Secara terpisah, ada juga tarikan lain dari materi AMDGPU yang dikirim pada hari Kamis dan itu adalah menambahkan flag AMDGPU_GEM_CREATE_DISCARDABLE. Mesa 22.2 baru-baru ini menambahkan dukungan untuk menggunakan flag baru yang dapat dibuang ini untuk manajemen memori GEM. Ini memungkinkan perilaku di mana pengusiran dari memori video khusus dibuang di bawah tekanan memori daripada mencoba untuk melestarikan dan menyalinnya ke memori sistem yang lebih lambat.

Itulah berita seputar AMD Menyiapkan Driver Linux Untuk Kartu “Beige Goby” Entry-Level RDNA2 lainnya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.