AMD Rembrandt CPUFreq vs. Pengujian Linux AMD P-State

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebelum disibukkan dengan pengujian desktop AMD Ryzen 7000 “Zen 4”, saya baru-baru ini menyelesaikan beberapa tolok ukur yang melihat driver penskalaan frekuensi ACPI CPUFreq vs. AMD P-State dan berbagai opsi gubernur untuk SoC seluler AMD Ryzen 6000 “Rembrandt”. Jika Anda penasaran tentang dampak CPUFreq/P-State dan berbagai gubernur untuk laptop AMD terbaru yang menjalankan Linux, putaran pengujian ini adalah untuk Anda.

Menggunakan Lenovo ThinkPad X13 Gen 3 dengan AMD Ryzen 7 PRO 6850U “Rembrandt” SoC , Saya baru-baru ini menjalankan sejumlah tes CPUFreq/P-State untuk melihat dampak pada kinerja dan konsumsi daya saat menggunakan daya baterai. Pengujian ini dilakukan dari ThinkPad yang menjalankan snapshot pengembangan Ubuntu 22.10 dan menjalankan kernel pengembangan Linux 6.0 pada saat itu.

Konfigurasi yang diuji untuk artikel ini termasuk:

– amd-pstate schedutil – kinerja amd-pstate – acpi-cpufreq schedutil – kinerja acpi-cpufreq – acpi-cpufreq sesuai permintaan dan

Laptop yang sama digunakan untuk semua tumpukan perangkat lunak yang sama selain pengujian dengan mengganti driver penskalaan frekuensi CPU dan gubernur yang digunakan. Ryzen 7 PRO 6850U berjalan pada frekuensi stoknya – perbedaan dalam tabel sistem otomatis hanya turun ke pelaporan jam dasar vs. turbo melalui sysfs berdasarkan driver yang digunakan.

Berbagai macam beban kerja Linux diuji untuk melihat perbedaan kinerja dan energi untuk berbagai opsi ini di Linux 6.0.

Itulah berita seputar AMD Rembrandt CPUFreq vs. Pengujian Linux AMD P-State, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.