AMD Ryzen 7 PRO 6850U: Profil Platform ACPI Daya Rendah vs. Seimbang vs. Kinerja

  • Post author:
  • Post category:Linux

Seperti dengan banyak laptop Intel/AMD baru hari ini, Lenovo ThinkPad X13 Gen3 yang baru-baru ini diluncurkan dengan SoC AMD Ryzen 7 PRO 6850U “Rembrandt” menawarkan dukungan Profil Platform ACPI yang diekspos di Linux untuk beralih antara daya rendah, seimbang (default), dan mode kinerja. Bagi mereka yang ingin tahu tentang dampak Profil Platform ACPI ini, berikut adalah beberapa tolok ukur dari laptop 6850U ini di bawah Ubuntu Linux dan dampaknya terhadap daya dan efisiensi termal juga.

Terpisah dari pekerjaan baru AMD seputar driver PMF Linux untuk Rembrandt, Lenovo ThinkPad X13 Laptop bertenaga Gen3 memiliki fitur dukungan Profil Platform ACPI sehingga pengguna dapat memilih antara daya rendah dan perilaku kinerja platform itu sendiri. Kernel Linux telah mempersiapkan dukungan Profil Platform ACPI selama dua tahun terakhir.

Jika menyangkut laptop Lenovo secara khusus, dukungan Profil Platform Lenovo telah ditambahkan di Linux 5.12. Namun, dukungan awal rusak untuk laptop AMD Lenovo tetapi kemudian diperbaiki beberapa bulan yang lalu. Dengan kernel Linux terbaru, dukungan Profil Platform ACPI untuk Lenovo ThinkPad yang didukung AMD Ryzen seharusnya bekerja dengan baik.

Dalam pengujian saya dengan ThinkPad X13 Gen3, dukungan Profil Platform telah bekerja dengan baik baik melalui konfigurasi sysfs dan melalui integrasi GNOME yang nyaman pada laptop yang didukung untuk kontrol waktu berjalan antara mode daya rendah, seimbang, dan kinerja.

Untuk putaran pengujian ini dari ThinkPad X13 Gen3 yang didukung Ryzen 7 PRO 6850U dengan Ubuntu 22.04 LTS di Linux 5.19, saya menjalankan benchmark saat disetel ke semua tiga Profil Platform ACPI yang tersedia. Tidak ada perubahan lain yang dibuat selama proses pengujian.

Itulah berita seputar AMD Ryzen 7 PRO 6850U: Profil Platform ACPI Daya Rendah vs. Seimbang vs. Kinerja, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.