AMD Siapkan Dukungan Linux Untuk Konfigurasi Bandwidth Memori Lambat L3SBE, BMEC

  • Post author:
  • Post category:Linux

Beberapa patch Linux terbaru dari AMD untuk prosesor baru menerapkan dukungan untuk beberapa ekstensi Kualitas Layanan yang baru-baru ini didokumentasikan: L3SBE dan BMEC.
Patch AMD Linux baru memasang ekstensi QoS untuk Konfigurasi Bandwidth Memori Lambat (L3SBE) dan Konfigurasi Acara Pemantauan Bandwidth (BMEC). L3SBE untuk Penegakan Alokasi Bandwidth Memori Lambat Eksternal L3 memungkinkan kebijakan penegakan QoS diterapkan ke memori lambat eksternal yang terhubung ke host dan menentukan alokasi/batas untuk kelas layanan untuk setiap sumber daya. BMEC memungkinkan untuk menghitung semua pembacaan/penulisan total dan lokal dan berbagai peristiwa seperti pembacaan ke memori di domain NUMA lokal atau non-lokal, korban kotor dari domain QoS, dan banyak lagi.
Seri patch ini dengan hampir 500 baris kode baru mendapatkan fitur CPU AMD QoS baru ini yang diimplementasikan dalam kode x86/resctrl. Mengingat waktu patch ini, ekstensi QoS baru ini tidak diharapkan untuk digabungkan hingga setidaknya siklus v6.1.

Keberadaan fitur ini diperiksa oleh bit fitur CPU baru. Patch kernel Linux hanya menyebutkannya sebagai yang ditemukan di prosesor AMD “baru”, yang kemungkinan besar adalah untuk prosesor EPYC Zen 4 generasi berikutnya. Fitur-fitur ini didokumentasikan awal tahun ini di manual ekstensi QoS AMD yang mengingat waktu hanya go public dengan detail fitur awal tahun ini kemungkinan indikasi lebih lanjut untuk Zen 4.

Itulah berita seputar AMD Siapkan Dukungan Linux Untuk Konfigurasi Bandwidth Memori Lambat L3SBE, BMEC, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.