AMD Terus Bekerja Menuju Dukungan Tampilan HDR Untuk Desktop Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Salah satu item yang agak sulit dipahami di desktop Linux adalah dukungan tampilan High Dynamic Range (HDR)… Ada kode yang sedang dikerjakan selama bertahun-tahun tetapi di seluruh desktop dan driver, ini masih merupakan upaya jangka panjang untuk mendapatkan dukungan HDR pada desktop Linux. Bahkan kembali ke 2016, dengan kode driver lintas platform NVIDIA, desktop Linux tetap menjadi hambatan. Setidaknya ada beberapa pekerjaan yang sedang berlangsung untuk mengatasi masalah jangka panjang ini dengan AMD minggu ini yang menyajikan topik tersebut.
Pengembang kernel lama AMD Linux Harry Wentland mempresentasikan kemarin di X.Org Developers` Conference (XDC 2022) tentang dukungan HDR desktop Linux dalam ceramah berjudul “Apakah HDR Lebih Sulit?”

Pembicaraan membahas kompleksitas mendukung tampilan HDR di Linux, arsitektur saat ini dengan Wayland versus apa yang idealnya perlu terjadi, dan API DRM/KMS yang pada akhirnya perlu muncul untuk mewujudkannya. Selain itu, API DRM/KMS harus sesuai untuk penggunaan vendor lintas driver. Terjadi hari ini akan lebih banyak pembicaraan pengembang tentang kemungkinan API.

Bagi mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kompleksitas HDR untuk desktop Linux yang berkaitan dengan driver tampilan, presentasi Harry disematkan di bawah dan ada juga dek slide PDF.

Itulah berita seputar AMD Terus Bekerja Menuju Dukungan Tampilan HDR Untuk Desktop Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.