Arm Membantu Dengan AArch64 Rust Linux Kernel Enablement

  • Post author:
  • Post category:Linux

Banyak dukungan/infrastruktur bahasa pemrograman Rust untuk kernel Linux sejauh ini dengan fokus x86_64 sementara jelas AArch64 juga merupakan target penting. Sangat menyenangkan melihat para insinyur Arm Limited mengerjakan dukungan kernel Rust Linux untuk AArch64/ARM64.
Pengembang Lead Rust untuk Linux Miguel Ojeda telah membawa tambalan untuk mengaktifkan dukungan Rust untuk pembuatan kernel AArch64 sementara Jamie Cunliffe of Arm mengirimkan seri tambalan hari ini dengan beberapa item lagi untuk merapikan pengaktifan AArch64 untuk kode Rust di kernel Linux .
Tambalan tersebut mengaktifkan dukungan Otentikasi Pointer dan Identifikasi Target Cabang (PACBTI) sebagai bagian dari flag build Rust untuk mencocokkan opsi bahasa C yang digunakan dalam kernel untuk Armv8 dan build yang lebih baru. Juga ada tambalan yang menonaktifkan fitur target NEON dan floating point untuk menghindari penggunaan register FP/SIMD.

Tambalan Arm dikirim hari ini sebagai bagian dari seri tambalan “Pengaktifan karat untuk AArch64” pada daftar karat-untuk-linux.
Pekerjaan kernel Rust untuk Linux terus berkembang secara keseluruhan dengan lebih banyak subsistem dan pengembang driver yang menyatakan minat untuk menulis kode kernel di masa mendatang dengan Rust. Mereka yang ingin melacak Rust terbaru untuk kode pengembangan kernel Linux dapat melakukannya melalui repositori GitHub ini.

Itulah berita seputar Arm Membantu Dengan AArch64 Rust Linux Kernel Enablement, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.