Armbian 22.05 Dirilis dengan Dukungan untuk Orange Pi R1+ LTS, Radxa Rock 3A dan Zero

  • Post author:
  • Post category:Linux


Komunitas Armbian hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Armbian 22.05 sebagai rilis stabil terbaru dari sistem operasi berbasis Debian dan Ubuntu yang menjanjikan ini untuk perangkat ARM dan sistem x86.

Armbian 22.05 hadir tiga bulan setelah Armbian 22.02 dan memperkenalkan dukungan untuk Orange Pi R1+ LTS, Orange Pi 3 LTS, Radxa Rock 3A and Zero, dan papan DevTerm A06 ClockworkPi, dukungan untuk seri kernel Linux 5.17 pada varian kernel mvebu64 dan UEFI EDGE, dukungan untuk menjalankan aplikasi x86_64 (64-bit), serta sebagai dukungan untuk driver grafis NVIDIA pada gambar desktop x86.

Rilis ini juga meningkatkan dukungan untuk papan Orange Pi Zero 2, Odroid N2, Tinker Board, Allwinner A20, dan Allwinner H5, meningkatkan dukungan untuk lingkungan desktop GNOME dan Budgie, seperti serta browser web Chromium pada gambar berbasis Ubuntu 22.04 LTS, meningkatkan driver nirkabel Realtek RTL8822BS untuk kernel Linux 5.15 LTS, mengatasi masalah kedipan HDMI, dan meningkatkan Dukungan Docker emulator Box86, dan memperbarui tambalan u-boot untuk pengontrol JetHub D1.

Log perubahan lengkap tersedia di sini untuk detail selengkapnya tentang perubahan yang diterapkan di Armbian 22.05, yang dapat Anda unduh untuk perangkat Anda sekarang juga dari situs web resmi. Dengan rilis ini, para pengembang telah menyerukan kepada komunitas untuk membantu mereka mempertahankan build Armbian tertentu.
“Kami percaya bahwa kami berada pada titik perubahan, di mana untuk bergerak maju dan memenuhi kebutuhan Komunitas, Armbian perlu transisi ke model bisnis baru. Satu di mana pertumbuhan akan mengharuskan kami untuk memperoleh dana tambahan sebelum kami dapat mengatasi banyak masalah yang lebih besar. Bagi mereka yang ingin menyumbangkan waktu, pertimbangkan untuk menjadi pengelola dewan di salah satu dari banyak dewan yang didukung Armbian.”

Sumber: Google, 9to5linux.com