Asahi Linux Dapat Mengejar Penulisan Driver GPU Silikon Apple Di Rust

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ketika datang ke dukungan Apple M1 dan M2 di Linux, salah satu kendala terbesar untuk penggunaan sehari-hari yang sesuai untuk pengguna akhir adalah kurangnya akselerasi GPU saat ini. Rekayasa terbalik telah terjadi untuk prosesor grafis Apple Silicon, eksperimen awal dilakukan di lingkungan macOS dan m1n1 Asahi, dan langkah selanjutnya adalah mulai menulis driver kernel Direct Rendering Manager (DRM). Yang mengejutkan, kelayakan penulisan driver GPU kernel DRM ini dalam bahasa pemrograman Rust sedang dieksplorasi.
Kontributor Asahi Linux terkemuka Asahi Lina menyatakan kemungkinan menulis driver GPU kernel baru mereka untuk Apple AGX dalam bahasa pemrograman Rust.
Linux pada Apple M1/M2 saat ini terbatas pada akselerasi grafis berbasis CPU LLVMpipe.

Asahi Lina hari ini menjelaskan di milis:
GPU ini menjalankan firmware dan memiliki struktur data memori bersama yang cukup kompleks yang perlu dikelola oleh host, jadi saya telah condong ke Rust untuk keamanannya, metaprogramming yang lebih baik, dan ekspresi umum. Saya memiliki driver prototipe yang ditulis dengan Python (berjalan di ruang pengguna dari host jarak jauh, cerita panjang), dan memiliki bahasa tingkat tinggi sangat membantu dalam merekayasa balik GPU dan membuat prototipe berbagai ide tentang cara kerja driver.
Saya menyadari ini adalah hari-hari awal Rust di Linux dan ini adalah tantangan yang ambisius, tetapi saya bersedia untuk belajar dan driver akan membutuhkan waktu untuk menstabilkan ke titik yang dapat di-upstream (khususnya UAPI), jadi menulisnya di Rust terasa seperti bukan pertaruhan saat ini daripada sebelumnya, mengingat sepertinya Rust akan digabungkan paling lambat dalam beberapa siklus kernel berikutnya. Ini akan menjadi driver GPU kernel pertama yang ditulis di Bahasa pemrograman karat. Mengingat kode driver yang sebenarnya belum ditulis untuk driver Rust, masih harus dilihat apakah seluruh driver akan diimplementasikan di Rust atau hanya bagian yang berinteraksi dengan firmware biner.
Lebih banyak brainstorming seputar driver kernel Apple GPU Linux yang berpotensi ditulis dalam bahasa pemrograman Rust dapat ditemukan melalui milis rust-for-linux.
Jika Anda melewatkan ulasan saya awal minggu ini, lihat tolok ukur Apple M2 Linux awal saya.

Itulah berita seputar Asahi Linux Dapat Mengejar Penulisan Driver GPU Silikon Apple Di Rust, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.