Asahi Linux Mendekati Rilis “Real Soon” Untuk Perangkat Keras Apple M2

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara Apple baru-baru ini memperkenalkan perangkat Apple Silicon pertama mereka yang bertenaga M2, berkat dedikasi Hector Martin dengan Asahi Linux dan tidak terlalu banyak perubahan yang melanggar M1, Asahi Linux sedang mencari “segera” memiliki rilis Linux untuk mendukung yang baru platform.
Seperti yang ditulis pada akhir Juni, porting Linux ke Apple M2 sedang berlangsung. Dalam beberapa hari setelah menerima perangkat keras, Hector Martin memiliki booting Linux di Apple M2. Tetapi banyak dukungan periferal masih perlu diimplementasikan. Sejak itu dia terus mengupas tentang Linux pada MacBook Apple M2.

Baru-baru ini dia sedang mengerjakan driver Linux baru untuk mendukung keyboard dan touchpad Apple M2 MacBook. Sampai kemarin dia memiliki beberapa kode untuk keyboard dan dukungan touchpad yang hampir berfungsi – jelas sangat penting untuk laptop.
Papan ketik M2 berfungsi. ~1000 baris kode driver Linux dan itu belum selesai…Hanya perlu mengimplementasikan perintah pengiriman dengan benar dan memuat firmware multitouch agar trackpad berfungsi!

— Hector Martin (@marcan42) 5 Juli 2022Dia men-tweet itu dia bertujuan untuk paritas fitur segera untuk Linux di Apple M2 relatif terhadap dukungan M1 Linux. Selain itu, “harapkan rilis Asahi Linux dengan dukungan M2 yang setara dengan Real Soon™.”
Dukungan M2 saat ini untuk MacBook Air dan MacBook Pro baru dapat dilacak melalui Asahi Linux Wiki. Manajemen daya, Thunderbolt, dan akselerasi GPU adalah salah satu item tiket besar yang masih harus ditangani untuk menjadikan Linux sebagai opsi kompetitif di Apple Silicon. Bagaimanapun, sangat menyenangkan melihat semua kemajuan yang dibuat untuk Linux di M2 dan bahwa Apple tidak menggagalkan upaya untuk Linux atau sistem operasi lain pada silikon mereka.

Itulah berita seputar Asahi Linux Mendekati Rilis “Real Soon” Untuk Perangkat Keras Apple M2, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.