Audacity 3.2 Dirilis dengan Efek Real-Time dan VST3, FFmpeg 5.0 dan Dukungan WavPack

  • Post author:
  • Post category:Linux


Audacity 3.2 telah dirilis hari ini sebagai versi stabil terbaru dari perangkat lunak editor audio yang kuat, gratis, open-source, dan lintas platform ini untuk sistem GNU/Linux, macOS, dan Windows.

Audacity 3.2 hadir hampir setahun setelah Audacity 3.1 seri dan memperkenalkan beberapa fitur baru yang menarik seperti efek waktu nyata untuk Audio Unit, LADSPA, LV2, dan plugin VST3, dukungan untuk efek VST3, dukungan untuk format kompresi audio terbuka WavPack, serta dukungan untuk multimedia FFmpeg 5.0 terbaru framework.

Sebagai bagian dari fitur efek waktu nyata yang baru, Audacity 3.2 menambahkan tombol Efek baru ke menu trek untuk memungkinkan Anda menempatkan efek waktu nyata. Selain itu, menu Efek menerima pengurutan baru, dan sekarang Anda akan menemukan opsi pengurutan dan pengelompokan lainnya di preferensi Efek. Berikut adalah fitur efek waktu nyata beraksi!

UI juga menerima berbagai perubahan, seperti penggabungan bilah mixer dengan bilah pengukur, fitur berbagi audio cepat, dan tombol Pengaturan Audio baru secara default yang menggantikan bilah alat Perangkat (Anda masih dapat menambahkan kembali toolbar Perangkat melalui menu View > Toolbars).

Di antara perubahan penting lainnya, Audacity sekarang dapat dikompilasi tanpa dukungan JACK pada sistem GNU/Linux, mpg123 sekarang digunakan sebagai pengimpor MP3 default bukannya gila, ada dukungan untuk direktori XDG pada sistem GNU/Linux, dan plugin sekarang secara otomatis dipindai, diuji, dan diaktifkan ketika Audacity dimulai.

Tentu saja, Audacity 3.2 juga memperbaiki berbagai masalah untuk meningkatkan dukungan M4A/AAC agar Anda dapat mengatur bitrate antara 98 dan 160 kbit/s untuk mono atau antara 196 dan 320 kbit/s untuk stereo, mengimpor file MP3, pemrosesan batch, pengemasan GTK di AppImages, dan fungsionalitas lainnya. Lisensi

Audacity telah diperbarui juga sebagai bagian dari ini rilis utama untuk dukungan VST3. Dengan demikian, binari Audacity sekarang dilisensikan di bawah Lisensi Publik Umum GNU, Versi 3, sementara sebagian besar file kode tetap di bawah GPLv2-or-later.

Anda dapat memeriksa catatan rilis lengkap di halaman GitHub proyek untuk bacaan tambahan dan unduh Audacity 3.2 dari situs web resmi sebagai AppImage yang dapat Anda jalankan di hampir semua distribusi GNU/Linux tanpa menginstal apa pun di komputer Anda.

Sumber: Google, 9to5linux.com